Ini Penjelasan Psikolog Kenapa Pecandu Internet Panik Saat Kehilangan Sinyal WiFi

1541840416425
  • share line
  • share bbm
Ini Penjelasan Psikolog Kenapa Pecandu Internet Panik Saat Kehilangan Sinyal WiFi

Apakah Anda sering merasa kesal atau panik jika tidak ada koneksi internet? Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kepribadian dan kondisi psikis Anda.

Fear of Missing Out (FOMO) merupakan istilah yang disematkan kepada orang-orang yang merasa gelisah jika tidak bisa online. Kesulitan memperoleh sinyal WiFi membuat para pecandu internet menjadi gelisah, karena takut tidak memperoleh informasi terkini di media sosial. Menurut Dr. Lee Hadlington dan Dr. Mark Scase, psikolog dari De Montfort University, Inggris, ada faktor lain yang menyebabkan FOMO selain karena takut ketinggalan berita. Mereka percaya, orang-orang neurotik dan ekstrover memiliki kecenderungan lebih tinggi dalam mengalami FOMO.



"Frustasi merupakan respons yang wajar, yang kerap kita rasakan setiap hari," ujar Hadlington, seperti dilansir jurnal Heliyon. Namun, sambung Hadlington, ada yang berbeda dari frustasi yang dialami orang-orang yang kecanduan internet. Jika ada gangguan koneksi internet, akan timbul respons maladaptive, seperti marah, panik, atau merasa depresi. Respons ini tidak main-main, karena dapat berpengaruh terhadap produktivitas sampai performa kerja.

Kalau sinyalnya bagus, semua langsung sibuk sendiri (Sumber: Rawpixel)

Untuk mengujinya, Hadlington dan Scase membuat kuesioner terhadap 630 orang berusia 18-68 tahun. Dalam kuesioner ini, Hadlington dan Scase mencari tahu seperti apa respons para responden jika tidak ada koneksi internet, serta pendapat mengenai FOMO dan adiksi internet. Para responden juga diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengetahui sifat dan kepribadian. Dari kuesioner ini ditemukan bahwa kepribadian ekstrovert dan neurotik memiliki pengaruh terhadap adiksi internet dan FOMO.



Tidak hanya itu, hasil kuesioner yang dituangkan dalam penelitian berjudul "End-User Frustations and Failures in Digital Technology: Exploring the Role of Fear of Missing Out, Internet Addiction and Personality" ini juga mengungkap faktor lain yang menyebabkan FOMO.

Tanda yang paling dicari para pecandu internet (Sumber: Wifire)

"Semakin sering kita memakai gadget, semakin kita merasa terikat. Sehingga ketika gadget tidak bisa dipakai, kita akan langsung merasa 'gila' atau langsung mematikan gadget dan menghentikan semua aktivitas," tutur Hadlington.

Hadlington menambahkan, frustasi yang dirasakan para pecandu internet ini tidak ada manfaatnya. "Ada banyak hal yang bisa mereka lakukan ketika internet tidak berfungsi. Reaksi ekstrem seperti marah-marah hanya akan memperburuk situasi," tutup Hadlington.

(Sumber cover: Bruce Mars)

Tag:
internet, wifi, gadget, penelitian, kuesioner
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK