Google Maps Versus Waze, Mana yang Lebih Praktis Untuk Menemani Mudik?

1528961413797
Google Maps Versus Waze, Mana yang Lebih Praktis Untuk Menemani Mudik?

Mencari jalan pintas agar lebih cepat sampai tujuan saat musim mudik seperti saat ini, memang susahnya minta ampun. Semua orang berlomba-lomba untuk segera tiba di kampung halaman dan melepas rindu bersama sanak famili. Untuk mempermudah perjalanan mudik, manfaatkan aplikasi berbasis navigasi yang dapat membantu Anda mencari tahu alternatif rute dan kondisi jalan yang akan dilintasi.

Baca juga: 

Waze Atau Google Maps? Ini Keunggulan Masing-Masing Aplikasi

Dari banyaknya aplikasi yang tersedia, baik untuk ponsel berbasis Android maupun iOS, terdapat dua mobile app yang merajai kategori navigasi, yakni Waze dan Google Maps. Kesuksesan Waze membuat aplikasi yang diluncurkan 12 tahun lalu itu diakuisisi oleh Google, tapi bukan berarti langkah ini dilakukan untuk mematikan bisnis Waze. Nyatanya, Waze dan Google Maps masih berdampingan dan sama-sama bertengger di urutan teratas daftar aplikasi berbasis navigasi.

Lalu apa yang membedakan kedua aplikasi ini dan manakah yang tepat digunakan saat mudik? Berikut ulasannya, sekaligus plus dan minus dari masing-masing aplikasi.

(Sumber: Tripsavvy)

1. Waze
Diluncurkan pada 2006 silam dari pengembang FreeMap Israel, Waze hadir dengan tampilan yang cute dan minimalis. Waze hadir sebagai aplikasi navigasi berbasis media sosial, dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi dan berbagi laporan kondisi jalan. Feature ini sangat berguna saat mudik karena Anda dapat mengetahui situasi jalanan secara real-time, sehingga dapat mengambil keputusan untuk berganti rute jika terlihat hambatan di depan sana. Perusahaan yang berekspansi ke Asia pada tahun 2011 ini dapat diunduh secara cuma-cuma, namun konsekuensinya, para pengguna harus maklum jika melihat iklan yang tiba-tiba muncul.

Berikut ini plus dan minus dari Waze:
(+) Berbasis media sosial, pengguna dapat saling berbagi laporan kondisi lalu-lintas secara real-time.
(+) Pemberitahuan jika ada polisi, perbaikan jalan, atau kecelakaan di jalanan yang akan dilewati.
(+) Menampilkan kecepatan laju kendaraan di jam macet.

(-) Muncul iklan yang mengganggu, bahkan sampai nyaris menutupi seluruh tampilan layar.
(-) Tidak ada opsi rute untuk sepeda dan kendaraan umum.

Feature berbagi informasi lalu-lintas di Waze (Sumber: Mojandroid)

Baca juga: 

5 Hal Tentang Google Maps Yang Jarang Diketahui

2. Google Maps
Google Maps tidak sekedar menyajikan navigasi, tetapi juga direktori lokasi bisnis lokal, mulai dari rumah makan, pom bensin, rumah sakit, dan masih banyak lagi. Feature ini sangat penting untuk keperluan darurat saat mudik, dimana pengguna juga dapat melihat review lokasi dari pengguna lain. Sudah susah-payah melewati jalur macet untuk bisa rehat sejenak di restoran, eh, ternyata restorannya tutup? Google Maps menyediakan informasi jam operasional lokasi bisnis, sehingga hal ini tidak akan terjadi pada Anda.

Berikut ini plus dan minus dari Google Maps:
(+) Tersedia opsi rute untuk mobil, motor, pejalan kaki, dan transportasi umum.
(+) Terintegrasi dengan Google Street View untuk melihat tampilan asli jalan.
(+) Peta selalu diperbarui secara rutin.
(+) Dapat digunakan secara offline jika mengunduh peta untuk kawasan tertentu.
(+) Menyediakan direktori lokasi bisnis, seperti restoran, pom bensin, bank, dan masih banyak lagi.

(-) Tidak tersedia laporan kondisi lalu-lintas secara real-time.
(-) Peta yang diunduh untuk feature offline cukup memakan tempat di kapasitas ponsel.
(-) Proses loading data cenderung lebih lambat.

Google Maps menyediakan direktori lokasi bisnis (Sumber: Yext)

Jika bicara tentang pemakaian aplikasi berbasis navigasi untuk keperluan mudik, maka kembali lagi ke selera. Bagi Anda yang mencari aplikasi minimalis, tidak neko-neko, namun memberi laporan kondisi jalan secara live, maka Waze menjadi pilihan paling ideal. Namun jika Anda memerlukan aplikasi super lengkap dan berencana mencari lokasi buka puasa di sepanjang rute yang dilewati saat mudik, Google Maps jawabannya.

(Sumber cover: Fonpit)

Tag:
mudik, pulang kampung, lebaran, idul fitri, waze, google, aplikasi
1 People liked this
LIKE
BOOKMARK