Foto Apapun, Google Lens Bisa Langsung Berikan Informasi 
Gadget & Tech

Foto Apapun, Google Lens Bisa Langsung Berikan Informasi 

Suka malas ketik waktu cari sesuatu di Google? Tenang, Google mengerti perasaan Anda. 

Kini Google memperkenalkan teknologi terbarunya yang mempermudahkan Anda menemukan informasi apapun hanya dengan kamera smartphone. Dalam Google’s I/O Developer Conference, CEO Google, Sundar Pincai, mengumumkan teknologi bernama Google Lens. Ide dari produk ini adalah memanfaatkan penglihatan dari komputer dan Al technology yang bisa membuat kamera ponsel Anda menjadi lebih cerdas.

 

sumber: techrunch

Mengutip dari Techcruch.com, kamera smartphone pada umumnya hanya bisa digunakan untuk merekam gambar apa yang dilihatnya, namun tidak bisa membantu Anda untuk memberikan informasi dari apa yang Anda lihat. 

Selama demo, Google memamerkan bagaiman Anda bisa menggunakan kamera untuk mencari tahu informasi tentang objek tersebut. Misalnya, ketika Anda foto setangkai bunga, Google Lens akan memberitahu dan mengidentifikasikan bunga yang sedang Anda potret. 

sumber: techrunch

Kecangihan lainnya adalah Anda bisa langsung menghubungkan kamera dengan Wi-Fi di rumah. Caranya, hanya tinggal foto sticker yang tertera pada router, lalu Google Lens akan mengidentifikasi nama dan sandi dari jaringan tersebut. Setelah itu, Anda akan diberikan pilihan untuk langsung terhubung secara otomatis. 

sumber: techrunch

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui informasi dari toko, restoran, atau pusat perbelanjaan yang ada di dekat Anda. Mulai dari nama, rating, dan informasi lainnya terkait dengan bisnis tersebut. 

sumber: techrunch

Teknologi ini dibuat untuk mengubah kamera yang tadinya hanya untuk merekam gambar, menjadi sebuah alat yang membuat Anda untuk lebih mudah berinteraksi. Dalam demonstrasi tersebut, demo Google Home menunjukkan bagaimana Google Lens bisa diintergrasikan ke Google Asisten. Anda hanya perlu menggunakan tombol baru di Google Asisten sehingga Anda akan tersambung dengan Google Lens dan bias memasukkan foto tersebut untuk ditanyakan dengan ‘the assistant’, dimana ia juga akan memproses data yang berisi tentang informasi dari foto tersebut.

sumber: techrunch

Wow, boleh dibilang Google Lens ini adalah Snapchat & Instagram AR buatan Google. Tapi, dengan kecanggihan yang membuat Anda jadi lebih mudah untuk menemukan informasi apapun yang ada di dunia ini. Hmm.. Agak mirip dengan aplikasi Goodreads, dimana Anda bisa scan cover buku dan Goodreads akan memberitahu rating penulisnya serta informasi lainnya dari buku tersebut. Tapi, pastinya buatan Google lebih canggih dan jadi penasaran ingin coba aplikasi terbaru ini. Iya, kan?

 

  •   0
  •   Komentar ( 0 )