Punya Sahabat Ternyata Bisa Membuat Stres Anda Berkurang
22 July 2021
Banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk mengurangi atau menghilangkan stres. Nah, menurut penelitian terbaru, persahabatan atau memiliki sahabat ternyata juga bermanfaat untuk membuat stres yang Anda rasakan berkurang. Bagaimana penjelasannya?

Banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk mengurangi atau menghilangkan stres. Nah, menurut penelitian terbaru, persahabatan atau memiliki sahabat ternyata juga bermanfaat untuk membuat stres yang Anda rasakan berkurang. Bagaimana penjelasannya?

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Women and Aging, peneliti ingin melihat bagaimana stres dan persahabatan terjalin pada wanita dari berbagai usia. Dengan mengumpulkan 32 wanita, separuhnya berusia 62-79 tahun dan separuh lainnya berusia 18-25 tahun, beberapa diantaranya dipasangkan dengan seorang teman dan beberapa lainnya dengan orang asing. Mereka kemudian diminta untuk menyelesaikan tantangan percakapan yang mengharuskan untuk menjelaskan kepada pasangannya tentang teka-teki geometris.

Dari percobaan tersebut, para peneliti dapat mengukur seberapa efisien para peserta berkomunikasi di bawah tekanan dengan seberapa cepat pasangan mereka dapat menjawab benar. Tim juga mengukur kortisol dalam air liur para peserta untuk mengukur tingkat stres mereka selama tugas ini.

Hasilnya, peserta yang lebih muda ternyata bernasib lebih baik daripada peserta yang lebih tua ketika dipasangkan dengan teman, tetapi mereka tidak pandai berkomunikasi dengan orang asing. Sementara peserta yang lebih tua mampu menyelesaikan semua tantangan, baik dengan teman dan orang asing.

Peneliti postdoctoral Michelle Rodrigues, Ph.D., menjelaskan, "Sepertinya peserta yang lebih muda sedikit lebih ragu untuk melakukan itu [menyelesaikan teka-teki] dengan orang asing, sedangkan peserta yang lebih tua lebih mudah melakukannya," jelasnya.

Namun, yang paling menarik adalah kalau ternyata peserta wanita yang berpasangan dengan teman memiliki kadar kortisol yang lebih rendah saat menghadapi tekanan untuk menyelesaikan teka-teki, dibandingkan dengan mereka yang berpasangan dengan orang asing di kedua kelompok usia.

Jadi, dengan begitu para peneliti mengambil simpulan bahwa wanita telah mengembangkan mekanisme alternatif dalam menanggapi stres dan untuk mengatasinya, wanita dapat melakukannya dengan melakukan persahabatan atau bersahabat dengan orang-orang seusianya.

Meskipun banyak penelitian lain yang hanya berfokus pada wanita muda, tetapi nyatanya persahabatan memiliki efek yang sama sepanjang masa hidup dan bahkan masih bisa bertahan seiring bertambahnya usia. Jadi, sudahkah Anda berhubungan dengan sahabat akhir-akhir ini?

Cover: Soompi

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail