Biar Tidak Stres, Ini 5 Cara Menghadapi Teman yang Tidak Sependapat
23 September 2018
Ketika membangun pertemanan, baik di dunia nyata maupun dalam di media sosial, memang kita sering bertemu dengan teman yang tidak sependapat. Memang, sikap ini sering membuat kita

Ketika membangun pertemanan, baik di dunia nyata maupun dalam di media sosial, memang kita sering bertemu dengan teman yang tidak sependapat. Memang, sikap ini sering membuat kita stres karena kita harus menghadapi perbedaan tersebut.

Baca juga: 

4 Alasan Kenapa Anda Stres & Cemas

Eits, jangan buru-buru menjauhi atau justru unfollow teman Anda di media sosial. Perbedaan pendapat itu hal yang wajar dan kita bisa hargai dengan beberapa cara berikut ini.

1. Jadikan sebuah pelajaran
Sebelum mengambil hati semua perbedaan pendapat, yang akhirnya bisa membuat kita stres, coba pikirkan positif dan negatif dari pendapat tersebut. Tidak menutup kemungkinan bila pendapat itu bisa menjadi pelajaran bermakna dalam hidup kita.

2. Belajar untuk toleransi
Perbedaan juga bisa mengajarkan kepada kita untuk bersikap toleransi. Kita hanya perlu menerima dan menghargai. Perbedaan itu bisa membuat kita saling melengkapi.

3. Belajar bersikap dewasa
Daripada stres karena adanya perbedaan pendapat, lebih baik jadikan perbedaan tersebut sebagai cara untuk memperbaiki diri dan belajar bersikap dewasa. 

Baca juga: 

Terlihat Sepele, Kebiasaan Ini Bikin Stres Meningkat

4. Menjaga sikap
Ketika ada perbedaan pendapat, hindari untuk meremehkan atau bersikap sombong, baik di media sosial maupun dalam kehidupan nyata. Hal ini justru bisa membuat Anda jadi stres karena harus menghadapi pertengkaran. Belajar berlapang dada untuk menerima pendapat teman yang berbeda.

5. Jadilah pendengar yang baik
Ketika kita tidak mengerti pendapat yang diutarakan oleh teman, lebih baik dengarkan penjelasannya terlebih dahulu. Hindari untuk menyela sebelum ceritanya selesai, karena kita bisa menjadi stres dengan perbedaan pendapat tersebut dan justru bersikap defensif.

Sumber image: 123rf

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail