Bagi Yang Sudah Punya Pasangan, Jangan Katakan Kalimat Ini Ke Para Jomblo
04 March 2020
Banyak alasan seseorang memutuskan untuk tetap menjomblo alias tidak punya pasangan. Nah, bagi Anda yang sudah punya pasangan, sebaiknya jangan pernah mengatakan beberapa kalimat ini kepada mereka.

Banyak alasan seseorang memutuskan untuk tetap menjomblo alias tidak punya pasangan. Nah, bagi Anda yang sudah punya pasangan, sebaiknya jangan pernah mengatakan beberapa kalimat ini kepada mereka. Meski Anda tidak bermaksud jahat, tetapi hindari kalimat ini.

"Kenapa kamu belum menikah?"

Pertanyaan ini menyiratkan bahwa menikah lebih unggul daripada menjadi jomblo, menurut Mark A. Mayfield, PhD, konselor profesional berlisensi. Lagipula, menganggap bahwa semua orang ingin menikah sama sekali tidak benar.

"Berhenti bersikap pilih-pilih"

Jaime Bronstein, LCSW, seorang psikoterapis, berkata bahwa hanya karena si jomblo bersikap pemilih saat mencari pasangan, tetapi tidak berarti Anda harus mengutarakan kenyataan tersebut. Jaime justru bilang, tidak apa-apa menjadi egois dan bersikap pemilih karena orang hanya hidup satu kali.

"Jangan khawatir, tunggu sebentar lagi jodoh kamu datang”

Karen McGregor, penulis buku, menyarankan untuk tidak mengatakan kalimat ini kepada para jomblo, khususnya mereka yang memang ingin memiliki pasanga. "Jangan cuci otak mereka dengan gagasan ini, yang mungkin cocok untuk film, tetapi dalam kehidupan nyata, itu bisa menghalangi sikap terbuka untuk berhubungan dengan orang lain,” katanya.

"Aku kenal orang yang juga sedang jomblo”

Hanya karena dua orang sama-sama jomblo, bukan berarti mereka akan menjadi pasangan yang cocok. Tidak masalah jika ingin jadi mak comblang, tetapi Jaime menyarankan untuk tidak berasumsi bahwa teman Anda ingin memiliki pasangan saat ini juga karena mungkin saja dia sedang malas berhubungan.

“Pasti kesepian jadi jomblo”

Jaime bilang, "Ini sepenuhnya membuat asumsi bahwa semua jomblo pasti kesepian, padahal itu sama sekali tidak benar. Di sisi lain, berada dalam hubungan yang tidak bahagia juga dapat membuat seseorang merasa jauh lebih kesepian daripada mereka yang memang tidak punya pasangan.”

“Sudah bergaul dengan banyak orang, belum?”

Bicara tentang menemukan cinta sejati, cara dan waktunya tidak dapat dikendalikan siapa pun, terlepas dari apakah seseorang lebih senang menghabiskan banyak waktu di rumah atau bergaul di luar rumah empat malam dalam seminggu, misalnya. “Apa pun pilihan mereka, yang paling penting adalah lakukan apa yang terasa nyaman,” ujar Jaime.

“Sakit hati sama siapa, sih, sampai jadi jomblo terus?”

Pertanyaan ini mengasumsikan bahwa si jomblo pernah merasakan kesakitan dan patah hati yang sangat buruk sehingga mereka enggan punya pasangan lagi. Padahal, belum tentu dugaan tersebut benar. Jika Anda bukan teman dekat dengan orang yang masih jomblo, sebaiknya tidak bertanya hal ini karena justru membuat Anda terlihat kepo alias terlalu mau tahu.

Cover: Best Life

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail