Apa itu Self Love dan 5 Cara untuk Mencintai Diri Seutuhnya dalam Segala Kondisi
06 February 2019
Self love itu menerima segala sesuatu dalam diri sendiri seutuhnya. Ada berbagai cara untuk memulai mencintai diri sendiri seperti berikut ini

Kalau mau didefinisikan, kurang lebih self love itu berarti kita bisa menghargai, menghormati, dan memahami diri sendiri. Kita bisa realistis dan jujur pada diri sendiri tentang kekurangan dan kekuatan kita, dan menjadi diri sendiri dengan nyaman. Mirip seperti kita mencintai orang lain seutuhnya juga, bukan? 

Namun, tentu kehidupan tidak selurus definisi. Ada begitu banyak hal tak terduga di luar kendali kita yang menggoyahkan self love ini. Mirip juga seperti kita menjalin hubungan dengan orang lain, kadang kita sendiri salah ngomong. Kadang juga kita salah langkah.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mencintai diri sendiri, bahkan saat keadaan kita sedang tidak baik-baik saja? Seperti cinta kepada orang lain, di situ jugalah letak ujiannya. 5 hal ini bisa kita lakukan untuk memberikan cinta pada diri sendiri. Yuk, mulai membiasakannya!

1. Maafkan kesalahan
Setiap orang bisa salah; setiap hari, serta dalam berbagai hal termasuk keuangan dan percintaan. Rasanya memang nggak enak banget ketika sadar bahwa kita salah ambil langkah. Namun percayalah, Anda sudah selangkah lebih maju dari ‘dosa’ Anda itu dengan menyadari bahwa Anda telah membuat kesalahan. Langkah selanjutnya: maafkan diri Anda.


Memang paling sudah untuk tetap mencintai diri sendiri saat mengalami kegagalan



2. Utamakan diri Anda
Kalau Anda percaya astrologi, orang dengan zodiak Pisces dan Cancer biasanya disebut punya karakter yang mementingkan orang lain sebelum dirinya. Bagaimanapun sikap mengutamakan perasaan dan kepentingan sendiri ini bisa terasa susah bagi siapa pun yang punya kecenderungan itu. Yakinkah bahwa ini bukan hal yang salah bahwa Anda juga perlu ruang, perlu waktu, serta perlu tenaga dan emosi untuk mengurus kebahagiaan sendiri dulu sebelum menyelamatkan orang lain.

Utamakan dulu diri Anda, sebelum 'menyelamatkan' orang lain



3. Kenali kekuatan diri
Memang, lebih mudah untuk fokus ke kekurangan diri dan apa kata orang (yang negatif) soal diri ketimbang percaya diri dengan diri ini sepenuhnya. Namun, tidak ada orang yang terlahir tanpa potensi, yang bisa terus diasah sepanjang hidup kita hingga menjadi sumber kekuatan kita. Terima saja betis besar Anda (atau hal-hal lain yang tidak bisa kita ubah) tetapi Anda adalah orang yang pendapatnya didengarkan, misalnya, dalam hal fashion, karier, atau nasihat bisnis. Ketika orang lain percaya, berarti di situlah kekuatan Anda.

4. Lakukan hal yang Anda sukai 
Kalau kata Eva Celia, self love nggak harus selalu berarti ke spa, salon, manicure atau pedicure, karena memberikan diri sendiri ruang untuk mengekspresikan diri saja sudah cukup baginya. Ini penting karena bisa membuatnya berkarya dengan lebih jujur. 
 

Suka masak dan ketemu teman-teman juga? Buka saja 'kelas masak' fun bareng sahabat!

Prioritas dan pertimbangan tiap orang dalam memilih pekerjaan memang berbeda, tetapi pada dasarnya semua punya kebutuhan yang sama: melakukan hal yang Anda sukai. Ini perlu dilakukan agar diri bisa merasakan kesenangan batin, serta menyalurkan energi negatif sehingga tak berdampak negatif pada kesehatan mental kita. Jadi selain istirahat, lakukan yang membuat hari senang juga, ya!

5. Menjauh dari orang-orang yang berpengaruh buruk
Anda pasti tahu persis bedanya merasa bersemangat dan positif dengan ketika merasa lelah secara emosi dan psikologis setelah ketemu orang lain. Kalau yang kedua jawabannya, sebaiknya mulai batasi interaksi dengan orang-orang tersebut, karena memutuskan pertemanan begitu saja tentu bukan pilihan yang bijak. 

Punya teman yang ngomongin di belakang? Duh, tinggalkan saja, deh

Selain lima hal di atas, hal terakhir yang nggak kalah penting adalah merayakan setiap keberhasilan kecil yang Anda capai. Ini untuk berterima kasih atas upaya diri sekaligus menyemangati lagi agar bisa berusaha lebih di kesempatan selanjutnya. Yuk, mulai. Anda pasti bisa!

Cover dan foto: 123 RF

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail