4 Cara Jitu Berbaikan Dengan Sahabat Setelah Pertengkaran Besar
24 July 2019
Bertengkar dengan sahabat seringkali jadi masalah yang rumit. Cara jitu ini akan memudahkan Anda berbaikan dengan sahabat saat dilanda masalah besar.

Bertengkar kecil dengan sahabat adalah hal yang biasa. Dengan sahabat, biasanya Anda lebih terbuka dan jujur sehingga pertengkaran kecil pun seringkali bisa teratasi dengan mudah atau berlalu begitu saja. Namun, bagaimana jika terjadi pertengkaran besar dengan sahabat? Kira-kira apa yang akan Anda lakukan?

Jika saat ini Anda sedang bertengkar dengan sahabat, sebaiknya segera cari cara untuk berbaikan. Karena persahabatan terbukti baik untuk kesehatan mental, emosi, dan fisik, serta lebih cepat memulihkan seseorang dari trauma. Berikut cara jitu berbaikan dengan sahabat yang bisa Anda terapkan:

Luapkan kekesalan dan segera lupakan

Seringkali adu argumen jarang bisa terselesaikan dengan baik. Ada baiknya Anda luapkan segala kekesalan, berdebat secara langsung dan jujur, bahkan sampai meluapkan emosi. Kemudian tenangkan diri, lalu melupakan masalah yang terjadi dan kembali menjalin persahabatan.

Berbicara

Jika ada masalah dengan sahabat, biasakan untuk saling terbuka satu sama lain. Bicarakan kekesalan Anda dan ungkapkan apa yang Anda rasakan sampai masalah berakhir dengan perdamaian. Pada akhirnya yang perlu diingat adalah Anda harus benar-benar menerima dan mendengarkan masalah sahabat Anda dan terbuka untuk kompromi.

Segera meminta maaf

Jika Anda sesuatu yang menyinggung atau bahkan mengganggu sahabat Anda, segeralah meminta maaf. Saling memahami dan komunikasi yang kuat tentu membuat Anda pun mudah untuk meminta maaf jika melakukan kesalahan bukan? 

Segera ungkapkan jika sahabat bertindak kelewat batas

Tentu segala suka maupun duka pernah dialami bersama sahabat. Sehingga sudah sewajarnya jika ada hal-hal yang tidak disukai, maka baik Anda maupun sahabat akan mengutarakan ketidaksukaan satu sama lain. Termasuk pastikan hal-hal apa saja atau humor yang membuat sahabat Anda tidak nyaman.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail