Wajib Masak Daging Ayam Sampai Matang Atau Ini Akibatnya!

1510735205464
  • Share
Wajib Masak Daging Ayam Sampai Matang Atau Ini Akibatnya!

Steak setengah matang enak-enak saja, tapi jangan dicoba untuk memasak daging ayam. Sebuah sutdi terbaru mengungkapkan bahwa daging ayam yang tidak dimasak dengan sempurna akan menimbulkan penyakit infeksi saluran kencing (ISK).

Para ilmuwan dari University of California di Berkeley, menemukan bahwa hampir 25% sampel daging ayam yang diteliti mengandung bakteri yang memiliki ciri genetik yang sama dengan urin yang diambil dari pasien ISK. Mereka percaya bahwa ISK dapat disebabkan oleh E. coli, yang ditemukan di usus dan kotoran ayam.

pastikan warna daging putih yang artinya sudah benar-benar matang (gimme some oven)

Karena itulah, daging ayam yang tidak dimasak sampai matang atau tidak mengikuti pedoman yang tepat untuk memasak daging mentah, bisa menularkan bakteri tersebut kepada manusia yang memakannya.

Baca juga: 

Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Meski sebagian besar jenis E. coli tidak berbahaya bagi, yang beberapa diantaranya dapat menyebabkan diare, muntah, demam, dan kram perut, namun dalam kasus terburuk, infeksi yang disebabkan oleh bakteri E. coli dapat mengakibatkan gagal ginjal, bahkan kematian.

bisa-bisa sakit perut setelah makan daging ayam yang belum matang (shutterstock)

Mengapa bakteri tersebut hanya terdapat pada daging ayam dan tidak yang lainnya?

Dr. Lee Riley, seorang profesor penyakit menular di Berkeley's School of Public Health, menyebut, “Untuk beberapa alasan [yang belum diketahui], daging unggas, khususnya ayam, tampaknya terkontaminasi lebih banyak daripada sampel daging lainnya.”

Baca juga: 

Pilihlah Daging Ayam Yang Sehat Sesuai Dengan 5 Tips Ini

daging ayam utuh riskan belum matang sempurna di dalamnya (get crocked)

Selain akibat dari bakteri E. coli dalam daging ayam yang belum masak dengan sempurna, ISK biasanya diderita oleh wanita karena memiliki saluran uretra yang lebih pendek daripada pria.

Tag:
daging, ayam, belum, matang, masak, penyakit, bakteri
  • Share
4 People liked this
LIKE
BOOKMARK