Tumis Jagung Muda: Masakan Sayuran Enak Dan Zero-Waste
Food

Tumis Jagung Muda: Masakan Sayuran Enak Dan Zero-Waste

Jagung muda, baby corn, atau ada yang menyebutnya putren, adalah sayuran yang enak, rasanya manis, teksturnya ‘garing’, kaya serat, dan memiliki kadar zat tepung (starch) lebih rendah dibandingkan jagung yang sudah dewasa sehingga lebih rendah karbohidrat.


Jagung muda dengan kulitnya. (Sumber: tokopedia)

Beberapa waktu lalu kami sempat membahas mengenai ‘sampah’ sayuran yang ternyata enak dan bermanfaat untuk dimakan, dan jagung muda adalah salah satu sayuran yang masuk dalam kategori itu. Saat memasak jagung muda, misalnya ditumis, mayoritas orang pasti hanya memanfaatkan bagian jagungnya dan tanpa ragu membuang kulitnya. Padahal, kulit jagung muda juga bisa dimakan, kaya serat, dan rasanya enak?

Kulit jagung muda yang sudah dimasak memiliki tekstur mirip kailan atau sawi, namun rasanya manis seperti jagung muda itu sendiri. Pilih jagung muda yang masih betul-betul muda dan teksturnya terasa lunak ketika dipegang. Apabila ragu atau takut keras, buang satu lapisan terluar kulit dan manfaatkan lapisan kulit lainnya. Masakan tumis jagung muda dan kulitnya ini juga sesuai dengan prinsip zero-waste cooking, atau memasak dengan seminimal mungkin sampah agar efisien dan ramah lingkungan.


Kulit jagung muda yang sudah dipisahkan dari jagungnya. (Sumber: Dok. Rara)

Tumis Jagung Muda + Kulit
Bahan-bahan:
500 gr jagung muda masih dengan kulitnya, pisahkan jagung dengan kulitnya
2 bawang putih, keprak
3 bawang merah, rajang
5 cabai merah, rajang
2 sdm saus tiram
Garam secukupnya

Cara membuat:
Tumis bawang merah, putih, dan cabai dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan jagung, tambahkan sekitar ½ hingga ¾ cangkir air, garam secukupnya, masak hingga air tinggal sedikit dan jagung melunak—sekitar 10 menit. Setelah jagung cukup matang, masukkan kulit jagung dan saus tiram. Jika kurang asin, tambahkan garam, dan masak lagi selama sekitar 5 menit. Angkat dan sajikan.

Enak disajikan dengan lauk apapun!

Sumber foto: Rara Putri

  • 0
  • Komentar ( 0 )