Ini Aturan Menghangatkan Makanan Agar Tak Membahayakan Kesehatan

1526630409691
  • share line
  • share bbm
Ini Aturan Menghangatkan Makanan Agar Tak Membahayakan Kesehatan

Supaya tidak membuang waktu lama, menghangatkan makanan kerap menjadi pilihan. Apalagi bila memang masih ada sisa lauk, tentu menghangatkan akan jadi lebih cepat dan praktis.

Baca juga: 

Seberapa Banyak Anda Harus Makan Buah dan Sayuran Setiap Hari?

Sayangnya, tidak semua makanan boleh dipanaskan berkali-kali. Lebih baik panaskan makanan cukup satu kali saja. Semakin sering dipanaskan, semakin besar risiko timbulnya racun pada makanan. Proses penghangatan yang berulang-ulang bsia mengubah zat yang ada dalam makanan menjadi racun yang bersifat karsinogen (memicu munculnya sel kanker).

Selain itu, proses pendinginan yang lambat, juga bisa membuat bakteri mudah berkembang biak, dan bertahan hidup ketika proses pemanasan makanan tidak dilakukan dengan sempurna. Apalagi, masakan tersebut memakai bahan, seperti kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur, maka tidak boleh dibiarkan selama dua jam atau lebih di meja makan.

Lebih aman makanan disimpan di dalam kulkas setelah 2 jam supaya bisa mencegah bakteri berkembang biak dengan cepat. Bakteri tidak bisa berkembang biak pada suhu 4 sampai 60 derajat celsius. Jadi, mendinginkan makanan bisa menekan risiko terjadinya keracunan makanan.

Baca juga: 

Mulut Terbakar Karena Makanan Panas? Sembuhkan Dengan Cara Ini!

Supaya tetap segar dan aman dimakan, simpan makanan di dalam boks tertutup, lalu simpan dalam kulkas di bawah suhu 4 derajat celsius. Terutama, makanan terbuat dari ikan, unggas, dan daging, lebih baik dibekukan setelah dua jam selesai dimasak. Makanan dingin di dalam kulkas boleh dikonsumsi 3-4 hari kemudian, sedangkan makanan beku bisa bertahan sampai 4 bulan.

Untuk memanaskannya, pastikan suhunya mencapai 74 derajat celcius dan tidak lebih dari 80 derajat celcius agar tidak merusak kandungan nutrisinya. Sedangkan, untuk saus dan makanan berkuah, pastikan pemanasannya mencapai titik didih dan langsung tutup makanan supaya bisa menjaga kelembapannya.

Nah, khusus sayuran hijau, seperti di artikel ini, sebaiknya tidak dipanaskan kembali. Boleh saja praktis, tapi harus ingat jaga kesehatan juga, ya!

sumber image: 123rf

Tag:
makanan, panaskan, awal puasa 2018, puasa 2018
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK