Untuk mengakses womantalk lebih nyaman unduh appsnya!

Gunakan Rice Cooker Untuk Ciptakan Aneka Makanan Ini

2016-11-28 08:00:28.412301

¯¯¯¯¯

Angkat tangan kalau rice cooker hanya digunakan untuk memasak nasi! Saya juga salah satunya, sih. Tapi ternyata, rice cooker adalah salah satu alat masak paling serba bisa. Ini beberapa makanan yang bisa dihasilkan dari rice cooker.

Mengukus ayam, ikan, daging, dan sayuran (atau apapun juga)
Tak usah mahal-mahal membeli steamer khusus. Panas yang berasal dari proses pematangan beras juga bisa mematangkan bahan makanan yang perlu dikukus. Gunakan saja steaming tray yang biasanya disertakan dalam setiap rice cooker dan kukus bersamaan saat Anda memasak beras. Praktis dan hemat energi!

Roti
Dengan bahan yang sama seperti membuat roti di oven, rice cooker bisa menghasilkan roti homemade yang enak. Cukup masukkan adonan roti yang sudah mengembang dan masak d rice cooker hingga matang. Bedanya, roti yang dihasilkan rice cooker lebih moist ketimbang yang dioven.

Hidangan berkuah
Misalnya sup, gulai, atau apapun juga. Sepintas fungsi rice cooker memang hampir mirip dengan slow cooker, namun perbedaannya adalah pada slow cooker, suhu dan tingkat panasnya naik secara perlahan dan merata, sehingga butuh waktu lama untuk matang. Namun pada rice cooker, alat ini didesain untuk meningkatkan suhu di dalamnya menuju titik didih (100 C) secepat mungkin, sehingga waktu yang dibutuhkan tak selama slow cooker.

Berbagai pasta
Misalnya mac and cheese. Memasak dengan rice cooker memang butuh waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan kompor, namun dengan rice cooker, Anda tak perlu berdiri di dekat panci sambil menunggu masakan matang, kan?

Cheesecake
Siapa bilang membuat cheesecake memerlukan oven? Tinggal cemplungkan semua bahan untuk membuat cheesecake (cream cheese, telur, gula, heavy cream, dan lain-lain) ke wadah rice cooker, nyalakan sebagaimana Anda memasak nasi. Tunggu matang dan nikmati!

Berbagai cake
Mulai dari chocolate cake, banana cake, apple cake, dan banyak lagi. Perlu diingat, Anda mungkin perlu mengulang siklus memasak sebanyak 2 kali atau lebih hingga cake matang. 

Oatmeal, quinoa, dan biji-bijian lainnya
Pada dasarnya, beras adalah jenis biji-bijian (grains), sehingga makanan apapun yang terbuat dari biji-bijian, tentu juga bisa dibuat di rice cooker. Hidangan ala restoran seperti risotto dan chicken rice? Beres!

Telur dadar
Kalau Anda sedang bosan dengan telur dadar yang biasa, coba buat telur yang lebih ‘wah’ di rice cooker dan memberinya nama yang juga lebih fancy: frittata.

  •   0
  •   0
Lihat Komentar Lainnya

Untuk dapat Ikut Berkomentar, silahkan download