Food

Beda Mood, Beda Pula Teh Yang Harus Diminum

Yuk, usir jauh-jauh sedih, stres, atau gelisah Anda dengan meminum teh yang tepat. 

Essential oil, antioksidan, vitamin C, polyphenol, mineral, dan beragam kandungan bermanfaat lainnya yang ada pada teh, terbukti klinis mampu mengatasi beragam penyakit dan suasana hati manusia. Berikut pilihan teh yang sesuai beragam mood swings tersebut.

Resah & gelisah
Teh cherry bekerja layaknya teh lavender, yaitu membantu memperlambat aliran darah, sehingga mampu menenangkan dan membuat santai.

Lemas & mengantuk
Teh hitam atau chai tea adalah jawaban bagi mata mengantuk Anda. Teh yang dijadikan teh wajib minum di pagi hari oleh sebagain besar orang di India ini mengandung perangsang alami mirip kafein yang efektif membuat mata dan pikiran ‘terbuka’ dalam waktu instan. 

 

Emosi labil
Peppermint tea merupakan pilihan tepat untuk Anda yang sedang dilanda emosi naik-turun. Selain menenangkan, teh ini juga ampuh untuk mengusir rasa sedih.

Stres & cemas 
Teh kamomil ampuh mengurangi stres dan rasa cemas, karena kemampuannya meningkatkan peredaran darah ke otak dan menghilangkan hormon kortisol sebagai penyebab stres.

Sulit tidur
Teh lavender adalah pilihan tepat untuk mengatasi masalah sulit tidur, karena teh ini bisa memperlambat aliran darah, menenangkan aktivitas sistem syaraf, serta menciptakan relakasasi.

Depresi
Cobalah mengonsumsi teh serai alias lemongrass. Essential oil yang ada pada teh ini mampu menenangkan kelima indera manusia dan bekerja sebagai obat anti-depresi yang baik.

Tidak bergairah
Selain menghangatkan tubuh, teh jahe juga memiliki manfaat ekstra untuk meningkatkan energi dan stamina tubuh. 

Sedih & murung
Indian masala chai adalah teh yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Dalam sekejap, campuran jahe, kapulaga, dan cengkeh yang ada di dalamnya mampu membangkitkan hormon serotonin alias hormon kebahagiaan, dan menciptakan energi positif bagi tubuh.

Marah
Lemon tea atau teh dengan perasa jeruk bisa Anda gunakan untuk meredakan suasana hati yang sedang ‘panas’. Tak hanya rasanya yang nikmat, aromanya juga mampu menenangkan diri Anda.

Lelah
Tidak ada teh lain yang mampu mengusir kelelahan (fisik dan pikiran) selain teh hijau. Kandungan L-theanine-nya bermanfaat untuk meningkatkan gelombang alfa pada otak—efektif mengusir rasa lelah, layaknya bermeditasi. 

 

  •   0
  Komentar ( 0 )
Kirim
Pilih Pakar
Komentar Lainnya
Belum ada komentar