5 Tingkat Kematangan Steak yang Harus Anda Pahami

1507899611018
  • Share
5 Tingkat Kematangan Steak yang Harus Anda Pahami

Kalau pergi makan ke restoran steak rasanya sayang kalau Anda tidak memesan menu utama berupa potongan daging tebal tersebut. Tapi seringkali Anda bingung saat ditanya ingin tingkat kematangan seperti apa. Tanpa pikir panjang Anda langsung memesan dalam kondisi matang. 

Baca juga: 

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Makan Daging

Supaya tidak bingung, sebaiknya Anda kenali 5 tingkatan kematangan steak agar saat diajak menikmati potongan daging tersebut Anda tidak lagi kebingungan.

Sumber: lundsandbyerlys

1. Rare
Kondisi daging ini seperti tidak cocok untuk lidah orang Indonesia, sebab 80% dagingnya masih mentah dan berwarna merah. Kalau saya sendiri tidak menyarankan untuk memesan ini, kecuali Anda memang suka menikmati dagingnya yang lembut dan juicy.

2. Medium rare
Sedikit mirip rare, tapi bedanya kematangan dagingnya sedikit lebih banyak, yaitu 40%. Jadi, dagingnya hampir setengah matang. Kalau fungsi gigi taring Anda kurang maksimal alias tidak bisa merobek daging sedang sempurna, sebaiknya jangan pilih tingkat kematangan ini.

Sumber: Chicago Steak Company

3. Medium
Nah, kalau tingkat kematangan ini yang paling banyak diminati. Karena kondisi dagingnya sudah cukup matang dan berwarna kecokelatan. Bagian daging yang berwarna pink atau belum matang hanya tersisa 40%.

4. Medium well
Sepertinya masuk ke tingkat ini sudah bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Seluruh bagian daging sudah matang, menyisakan sedikit saja rasa juicy. Bagian yang belum matang hanya 20%.

Sumber: The Daily Edge

5. Well done
Kalau ini tingkat kematangannya sempurna. Untuk Anda yang sama sekali tidak senang menyantap daging mentah, maka pilihlah tingkat kematangan ini. Sayangnya, tekstur daging steaknya sudah lebih keras dan tidak terasa juicy lagi. Tidak ada bedanya dengan Anda menyantap masakan daging di rumah.

***

Jadi, sudah tahu, kan, aneka tingkat kematangan steak yang disajikan? Jangan bingung lagi dan pilih steak Anda dengan mantap dan sesuai selera.

 

Tag:
steak, tingkat, kematangan, matang
  • Share
3 People liked this
LIKE
BOOKMARK