5 Sumber Vitamin K yang Mudah Didapat Selain Sayuran Berdaun

1539439219597
  • share line
  • share bbm
5 Sumber Vitamin K yang Mudah Didapat Selain Sayuran Berdaun

Meski sering diabaikan—tidak seperti vitamin A, C, dan D yang sering disebut-sebut, vitamin K sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu membantu mengurangi penyakit jantung, menjaga tulang tetap kuat, menjaga kesehatan arteri, dan membantu pembekuan darah.

Selain sayuran berdaun yang disebut kaya akan vitamin K, berikut adalah beberapa sumber lain yang mudah didapat, yang juga memiliki kandungan vitamin K berlimpah.

(Sumber: Corporate Dhaba)

Brokoli

Selain kandungan vitamin K yang tinggi, brokoli juga kaya vitamin C, yang jika digabungkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. “Brokoli memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menghilangkan radikal bebas dan racun dari tubuh. Ini juga membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga jantung Anda sehat,” kata Amy Shapiro, RD, pendiri Real Nutrition di New York City.


Baca juga: 

Kenapa Makan Buah dan Sayuran Penting Untuk Kesehatan?


Kedelai

Memiliki kandungan vitamin K berlimpah, makanan ini juga merupakan protein yang kuat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan melindungi terhadap kanker. Manfaat tersebut didapatkan berkat campuran vitamin dan mineral dalam kedelai.

(Sumber: Thompson Limited)

Edamame

“Ini adalah sumber protein yang baik dan serat yang sehat yang tidak meningkatkan kadar gula darah, selain vitamin K. Edamame menawarkan antioksidan lain yang membantu menurunkan kadar kolesterol yang bersirkulasi,” ujar Amy.


Baca juga: 

Buah dan Sayur Mentah Terbukti Lebih Baik Untuk Kesehatan Mental


Jus wortel

Sayuran oranye ini memang terkenal dengan kandungan vitamin A yang baik untuk mata. Namun, ternyata kandungan vitamin K dalam wortel yang sudah dijus dapat meningkatkan metabolisme, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki kulit.

(Sumber: Healthline)

Jus Delima

“Kuncinya, pastikan menggunakan 100% buah delima saat membuat jus untuk menghindari tambahan gula sehingga kandungan vitamin K dalam jus buah ini dapat membantu melawan penyakit kronis, sekaligus melindungi jantung dan membantu pencernaan,” jelas Amy.

Cover: Hungry Forever

Tag:
vitamin, vitamin k, brokoli, kedelai, jus wortel, jus delima, edamame
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK