5 Lokasi Wisata Kuliner yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik ke Makassar

1528941613505
5 Lokasi Wisata Kuliner yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik ke Makassar

Kota Makassar terkenal cita rasa makanannya yang kaya rempah dan berani bumbu, membuat Anda tidak boleh melewatkan agenda wisata kuliner saat mudik ke ibukota Sulawesi Selatan ini. Tidak perlu bingung mencari lokasi makan-makan bersama keluarga besar, karena Makassar memiliki daftar panjang pusat kuliner yang wajib dicoba, berikut beberapa di antaranya.

1. Rumah Makan Mas Daeng
Rumah Makan Mas Daeng menjadi lokasi yang pas bagi para penggemar seafood. Sajian seafood andalan Rumah Makan Mas Daeng yakni olahan ikan bolu, ikan dengan rasa dan tekstur mirip bandeng dengan dagingnya yang empuk. Ikan ini diolah menjadi berbagai sajian, mulai dari ikan bolu saus tiram sampai ikan bolu bakar rica-rica. Sama seperti bandeng, ikan bolu juga memiliki banyak duri berukuran kecil, sehingga Anda perlu berhati-hati saat menyantapnya. 

Alamat: Jl. Arief Rate No.25, Mangkura, Makassar.

Ikan bolu (Sumber: Instagram @mark_lamoh)

2. Songkolo Bagadang Alhamdulillah
Lapar di tengah malam? Songkolo Bagadang Alhamdulillah mulai buka pada pukul 19.00 sampai pukul 3.00 dini hari. Walau letaknya di dalam gang, warung makan ini tidak pernah sepi pengunjung. Hidangan utamanya yakni songkolo atau yang juga disebut sokko, nasi ketan hitam atau putih yang diberi taburan serundeng atau parutan kelapa sangrai. Sokko biasanya disajikan dengan ikan teri, telur, dan sambal kuning. Sesuai namanya, menikmati hidangan Songkolo Bagadang Alhamdulillah yang menggoyang lidah membuat Anda ingin mengucap syukur setelahnya.

Alamat: Jl. Antang Raya Pannara No.19, Manggala, Makassar.

Ketan songkolo (Sumber: Instagram @amhypranawa)

3. Nasi Kuning Begadang Hj. Teo
Satu lagi tempat makan yang akan menemani Anda saat perut lapar di tengah malam. Nasi Kuning Begadang Hj. Teo buka selama 24 jam dan menjadi salah satu pusat kuliner legendaris di Makassar sejak berdiri pada tahun 1980. Sesuai namanya, rumah makan ini menyajikan olahan nasi kuning sebagai menu utamanya, mulai dari nasi kuning biasa, nasi kuning paru, nasi kuning ayam, dan nasi kuning daging. Menunya yang ampuh menghilangkan perut keroncongan di tengah malam juga cocok dinikmati bersama keluarga di saat libur mudik ini.

Alamat: Jl. Maccini Raya No.217, Sinrijala, Panakkukang, Makassar.

Nasi kuning (Sumber: Makassarterkiniaward.blogspot.com)

4. Mie Hengki
Berdiri sejak tahun 1980, Mie Hengki menjadi restoran legendaris yang diburu para penggemar mie. Sejarah rumah makan ini berawal dari Angko Cao (Ang Kho Tjao), warga keturunan Tionghoa di Makassar yang mewariskan resep mie kering kepada ketiga anaknya, yakni Titi, Hengki, dan Awa. Ketiganya kemudian membuka restorannya masing-masing, yakni Mie Titi dan Mie Awa yang telah memiliki banyak cabang, serta Mie Hengki yang tetap bertahan dengan satu lokasi saja. Keunikan Mie Hengki terletak pada cara memasaknya, setiap porsinya disajikan segar, baru dimasak hanya ada pesanan. Kuahnya pun tidak dimasak sekaligus banyak, namun satu persatu setiap kali ada yang memesan.

Alamat: Jl. Nusantara No.354, Makassar.

Mie Hengki (Sumber: TripHemat)

5. Warung Tunjuk Tunjuk
Di Warung Tunjuk Tunjuk, dijamin Anda akan kebingungan saat memilih makanannya. Bagaimana tidak, di sini terdapat 30 menu makanan yang dis ajikan, mulai dari ayam, telur, daging sapi, dan sajian olahan seafood. Bagi Anda pecinta sayuran, dapat memilih kangkung tumis, sayur bening, sayur kacang panjang, sayur sawi, dan masih banyak lagi. Sesuai namanya, Anda cukup menunjuk hidangan yang dibariskan, kemudian pelayan akan menyajikannya kepada Anda. Penyajiannya pun cukup unik, yakni menggunakan piring tradisional berbahan rotan.

Alamat: Kompleks Ruko Metro Latimojong, Jl. Gunung Latimojong, Makassar.

Warung Tunjuk Tunjuk (Sumber: Instagram @warungtunjuktunjukmks)

Dari lima lokasi di atas, mana yang paling pas untuk lokasi santap bersama keluarga saat mudik ke Makassar?

Tag:
mudik, kuliner, wisata, liburan, traveling, makassar, sulawesi
1 People liked this
LIKE
BOOKMARK