5 Cara Baru Menikmati Tomat bagi yang Tak Suka Tomat

1537074014381
  • share line
  • share bbm
5 Cara Baru Menikmati Tomat bagi yang Tak Suka Tomat

Tomat selalu disebut sebagai buah yang penuh manfaat kesehatan. Nutrisinya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, kulit, mata, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mencegah kanker. Namun, tidak semua orang suka tomat yang rasanya sedikit asam dan getir. Banyak juga yang mulai bosan dengan olahan tomat seperti jus atau sup tom yum yang itu-itu saja.

Baca juga:

Jerawat Di Wajah Cepat Hilang Dengan Masker Tomat

Nah, kalau Anda ingin mulai rutin mengonsumsi tomat, ada banyak cara baru mengolah tomat yang bisa jadi alternatif.

1. Taburi gula pasir dan jeruk nipis
Ini resep rumahan yang simpel tapi menyenangkan. Potong-potong tomat sebesar dadu, lalu taburi gula pasir dan peras jeruk nipis di atasnya sesuai selera. Dinginkan di lemari es. Sajian ini cocok banget sebagai camilan segar sepulang dari kantor.

(Sumber: Veg Recipes of India)2. Sup krim tomat
Kurang suka dengan sup tomat yang asam? Coba buat sup krim tomat, yang rasanya begitu creamy berkat penggunaan susu segar dan krim keju. Rasa asam dari tomatnya tidak begitu kuat, walaupun masih ada kesegaran khasnya. Tambahkan wortel dan sosis atau smoked beef, lalu nikmati dengan crouton atau baguette.

(Sumber: It's Yummi)Baca juga: 

Ini Rahasia Masak Nasi Pakai Tomat Dalam Rice Cooker!

3. Tomat panggang keju
Belah tomat menjadi dua, lalu isi masing-masing potongan tomat dengan salad tuna, udang, atau ayam. Gunakan juga daging tomat sebagai bagian dari saladnya. Tambahkan cottage cheese di bagian atasnya, lalu panggang.

(Sumber: Jo Cooks)4. Salad tomat avokad
Kalau Anda suka avokad, coba campurkan dengan potongan tomat untuk salad. Kedua buah ini ternyata bisa saling menguatkan citarasanya. Anda bisa menambahkan bawang merah besar agar ada tekstur yang renyah. Setelah itu, siram dengan jeruk nipis, minyak zaitun, garam, merica, ketumbar, dan sedikit taburan cabe merah kering yang dicincang kasar kalau suka.

(Sumber: Gimme Delicious)Baca juga:

Ini Rahasia Masak Nasi Pakai Tomat Dalam Rice Cooker!

5. Saus Bolognese
Saus Bolognese tidak hanya bisa dinikmati dengan pasta, tetapi juga kentang rebus atau kentang goreng, aneka sayuran, bahkan nasi putih. Cara membuatnya mudah, kok. Tumis bawang putih, bawang bombai, dan daging giling. Lalu tambahkan beberapa buah tomat yang sudah diblender, berikut bumbu-bumbu lain seperti garam, merica, gula pasir, dan oregano.

(Sumber: Weight Watchers)

Apakah Anda punya cara lain untuk mengolah tomat?

Cover image: Pexels

Tag:
tomat, olahantomat, reseptomat, mengolahtomat, menikmatitomat, resep, tipsehat, makansehat
  • share line
  • share bbm
heart 5 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK