4 Buah dan Sayuran Ampuh Turunkan Kolesterol

1505638815652
Article by IreneWibowo25 | Writer
  • Share
4 Buah dan Sayuran Ampuh Turunkan Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang berbahaya untuk tubuh. Bila terlalu tinggi, maka berisiko terkena penyakit jantung. 

Baca juga: 

4 Makanan Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa sayuran dan buah-buahan yang ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi, dilansir dari besthealthmag. Apa saja itu?

1. Jambu Biji/ jambu merah
Buah satu ini banyak mengandung vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium. Semuanya bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, antioksidan flavonoid, ampuh menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Terbukti dari hasil penelitian yang menemukan bahwa dengan mengonsumsi jus jambu merah selama 2 bulan, maka kolesterol bisa turun sampai 53% dari total 83% kolesterol LDL.

2. Wortel
Kandungan beta-carotene tidak hanya membuat wortel terlihat berwarna, tetapi juga kaya akan antioksidan. Dari hasil penelitian, mengonsumsi sepotong wortel mentah saat sarapan, bisa menurunkan kolesterol sebesar 11%.

Baca juga: 

Wortel: Dari Appetizer Sampai Dessert

3. Anggur
Buah kecil satu ini mengandung zat yang berperan aktif menurunkan kolesterol yaitu, senyawa flavonoid. Senyawa ini bisa mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Tidak hanya itu, anggur juga mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin. Zat ini dapat menurunkan kolesterol LDL sekaligus menaikkan kolesterol baik, HDL. 

4. Tomat
Buah dan sayuran ini sangat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Tomat memiliki senyawa likopen yaitu antioksidan kuat untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun lebih baik mengonsumsi tomat yang sudah dimasak daripada tomat mentah karena kandungan likopennya lebih banyak diserap tubuh. 

  • Share
  • 0
  • Komentar ( 0 )