10 Cara Masak Sehat Yang Bisa Dimulai Hari Ini
Food

10 Cara Masak Sehat Yang Bisa Dimulai Hari Ini

Tidak hanya menggunakan bahan-bahan segar, prinsip makan sehat juga terletak pada pengolahan bahan makanan dengan cara yang sehat. Nah, mau tahu cara-cara masak yang sehat? Berikut yang Womantalk.com pelajari dari Inge Tumiwa-Bachrens, penulis buku Eating Clean.

1.  Hindari memasak dengan cara digoreng (terlebih deep fried), dan utamakan cara yang sehat, yaitu kukus, tumis, dan panggang dengan sedikit minyak.

2. Jangan terlalu banyak menggunakan butter atau margarin, dan utamakan pemakaian minyak sehat untuk memasak, seperti olive oil dan minyak kelapa. Ingat, gunakanlah olive oil sebagai salad dressing, dan bukan untuk menumis dan memanggang, karena jenis minyak ini akan menjadi rusak bila dipanaskan. Untuk menumis dan memanggang, gunakanlah minyak kelapa yang lebih tahan terhadap suhu panas.

3. Jangan terlalu banyak menggunakan garam dan utamakan garam yang beryodium untuk memasak.

4. Jangan terlalu lama memasak sayuran, karena hal ini dapat merusak kandungan nutrisi dan mengubah rasa dari sayuran itu sendiri.

5. Jangan gunakan tepung putih dan semua bahan makanan yang terbuat dari tepung putih.

Artikel terkait:
- 7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memasak

- Tips Belanja Bahan Makanan Sehat Dari Nutrisionis

6. Hindari penggunaan MSG dan bumbu-bumbu dapur yang menggunakan MSG untuk memasak. Gunakanlah berbagai bumbu segar maupun kering seperti jahe, kunyit, bawang putih, daun mint, daun peterseli, dan sebagainya, karena bumbu-bumbu ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

7. Selalu gunakan bahan-bahan alami yang kaya serat, air, dan nutrisi. Utamakan yang berbahan organik, karena kandungan obat, hormon, dan pestisidanya cenderung lebih sedikit, serta gunakan sayuran dan buah-buahan lokal, karena tidak menggunakan lilin atau bahan kimia lainnya sebagai pengawet.

8. Hindari penggunaan berbagai jenis gula dan bumbu-bumbu dapur yang mengandung gula. Sebagai alternatif, gunakan buah asli atau bawang bombai untuk rasa manis pada masakan.

9. Jangan berlebihan dalam memasak santan—baik dalam hal jumlah, maupun waktu pemanasannya. Utamakan selalu santan alami, karena santan dalam kemasan sudah pasti mengandung bahan pengawet.

10. Buang semua kulit atau lemak yang terdapat pada ayam atau daging sebelum dimasak.

 

  •   0
  •   Komentar ( 1 )