Seragam Atlet Olimpiade Tokyo Dari Berbagai Negara yang Keren dan Modis
06 July 2021
Selain bersaing untuk mendapatkan medali emas, para atlet top dunia juga akan bersaing soal gaya saat mewakili negaranya masing-masing di ajang olahraga paling akbar di bumi ini. 

Sejak dulu, seragam tim setiap negara menjadi elemen penting dari Olimpiade. Ya, selain bersaing untuk mendapatkan medali emas, para atlet top dunia juga akan bersaing soal gaya saat mewakili negaranya masing-masing di ajang olahraga paling akbar di bumi ini. 

Berikut adalah seragam yang akan dikenakan tim dari beberapa negara pada upacara pembukaan dan penutupan, serta saat bertanding di Olimpiade Tokyo tahun ini.

1. Amerika
Merek ternama Ralph Lauren telah merancang seragam Olimpiade bagi tim Amerika sejak 2008. Penampilan terbaru tim dari negara Paman Sam ini diluncurkan pada bulan April 2021 didominasi dengan warna putih. Seragamnya terdiri dari jeans, kemeja polo dengan kerah berujung merah dan biru tua, serta jaket putih dan biru tua. Sabuk dengan warna merah, putih, dan biru melengkapi penampilan mereka. Benar-benar sesuai dengan gaya Ralph Lauren yang klasik dan rapi. 

2. Kanada
Kanada hadir dengan gaya streetwear yang kasual dan terinspirasi dari grafiti. Dirancang oleh Hudson's Bay Company, mengaku desain ini juga dipengaruhi oleh nuansa Tokyo yang terkenal dengan seni jalanan dan modenya. "Grafiti menunjukkan nuansa muda dan kegembiraan. Desain jaket trucker merayakan inklusivitas dan netralitas gender," ungkap sang desainer.

3. Inggris
Merek pakaian Inggris, Ben Sherman, merancang seragam untuk atlet dari Inggris dan Irlandia Utara. Ini adalah kedua kalinya Ben Sherman terpilih sebagai perancang setelah Olimpiade 2004 di Athena."Kami ingin merangkum gaya Ivy League. Jaket Chinos dan Harrington dengan kemeja Oxford berkancing bawah, membawa kembali DNA merek kami," kata direktur kreatif Mark Williams.

Jaket Harrington hadir dalam warna navy dengan garis-garis merah dan putih di bagian lengan, untuk dipasangkan dengan kemeja kancing oxford putih dan celana chino berwarna terang. Satu set lainnya, untuk upacara penutupan, menampilkan celana chino navy yang dipadukan dengan kemeja polo putih klasik yang menampilkan detail kepala singa Team Inggris yang dicetak di lengan kiri dan lencana resmi Tokyo 2020 dan cincin Olimpiade di bagian dada.

4. Turki
Desainer Turki Bunyamin Aydin, bekerja sama dengan Nike, telah merancang pola logo dan monogram khusus untuk pakaian olahraga resmi untuk atlet negaranya. Bekerja melalui label streetwear Les Benjamins, koleksi Aydin yang didominasi warna merah, dengan sedikit warna putih dan biru laut. Koleksinya ini terinspirasi permadani Anatolia, yang berasal dari negara ini. "Saya pergi ke kota tempat pembuatan permadani Anatolia dan para penduduk desa di sana memberi tahu saya cara pembuatannya. Ini membantu saya mendesain dan mendapatkan lebih banyak inspirasi," ujarnya.

5. Australia
Seragam negara kangguru ini dibuat oleh merek pakaian Sportscraft yang telah mendesain seragam resmi untuk tim Olimpiade Australia sejak 1996. Desain koleksi ini terinspirasi oleh cahaya dan warna-warna cerah yang identik dengan kota Tokyo. "Untuk memastikan seragam ini mewakili budaya Australia, Sportscraft memilih desain minimalis ddengan menampilkan warna hijau dan emas ikonis khas Australia. Sementara sudut yang digunakan dalam desain ini terinspirasi dari persimpangan Shibuya Crossing yang terkenal di Jepang, bersama dengan elemen Southern Cross," ungkap merek ini. 

6. Liberia
Desainer Amerika, Telfar Clemens, yang orang tuanya berasal dari Liberia, adalah sosok di balik pakaian tim Olimpiade negara Afrika Barat itu. Dikenal dengan tas jinjing vegannya melalui label fashion Telfar, Clemens telah menciptakan 70 desain untuk tim beranggotakan lima orang, termasuk sweats, unitards, duffel bags, dan track spike. Koleksinya menampilkan bendera Liberia dan logo Telfar yang ternama.

7. Republik Ceko
Untuk tim negaranya di Tokyo, desainer Ceko Zuzana Osako menciptakan desainnya menggunakan teknik celup cetak yang disebut blue print. "Menurut beberapa sumber, blue print datang ke Republik Ceko dari Jepang dan masih merupakan teknik pewarnaan yang populer di sana," katanya kepada Prague Morning. Koleksinya menampilkan jumpsuit biru dan gaun strapless putih untuk wanita, sedangkan pria akan mengenakan rompi biru, kemeja putih, dan celana panjang.

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail