Jangan Keliru! Ini Bedanya Hijab, Jilbab, Niqab, Cadar, Burqa, dan Khimar
14 December 2019
Ternyata, hijab itu bukan pakaian khusus muslimah, lho. Penasaran dengan arti hijab, jilbab, niqab, cadar, burqa, dan khimar yang sebenarnya? Yuk, cari tahu di sini!

Yang saya tahu selama ini—hijab adalah pakaian muslimah dan jilbab adalah kerudung. Okay, ternyata saya S.A.L.A.H. Ternyata selama 37 tahun ini saya masih keliru mengartikan dan membedakan hijab, jilbab, niqab, cadar, burqa, dan khimar. Nah, biar saya (dan 266 juta penduduk Indonesia lainnya) tak salah lagi, yuk, kita belajar bareng di sini...

Hijab
Secara asal kata (hajaba), hijab berarti menyembunyikan, menutupi, atau menghalangi, yaitu menyembunyikan sesuatu dari pandangan orang lain. Pada perkembangannya, hijab kemudian lebih dikenal sebagai pembatas shaf antara laki-laki dan perempuan di masjid. Bahkan Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan hijab sebagai dinding yang membatasi sesuatu dengan yang lain. Jadi dalam hal ini—arti hijab bukan seperti yang kita tahu selama ini, yaitu pakaian muslimah.

Jilbab
Sebetulnya sejak zaman nabi, banyak sekali perdebatan seputar arti jilbab. Tapi secara garis besar, jilbab dapat diartikan sebagai pakaian terusan yang longgar untuk menutup badan perempuan. Pakaian ini menjulur mendekati tanah hingga tak membentuk lekuk tubuh, tetapi tidak menutupi kepala atau wajah. Istilah umumnya saat ini adalah gamis.

Niqab
Niqab adalah nama lain dari cadar, yaitu kain penutup wajah perempuan yang hanya menyisakan bagian mata untuk terlihat—jadi niqab dan cadar itu memiliki arti yang sama, ya.

Niqab atau cadar

Yang perlu dibedakan adalah cadar dengan chador. Chador merupakan pakaian tradisional perempuan Iran dan Turki, berupa jubah lebar berwarna hitam yang menjuntai hingga tanah dan menutupi seluruh tubuh kecuali wajah. Chador juga sering digunakan sebagai coat atau mantel untuk bepergian keluar rumah.

Chador

Niqab sendiri sering digunakan para perempuan Yaman, Bahrain, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Pakistan, serta beberapa perempuan muslim di Inggris.

Burqa
Secara umum, burqa (burka) dikenal sebagai pakaian muslimah yang paling banyak menutupi bagian tubuh—dari ujung kepala hingga ujung kaki. Berbeda dengan cadar yang masih menyisakan bagian mata untuk tetap terlihat, burqa menutupi bagian mata dengan kain jaring. Jaring ini memungkinkan si pemakainya untuk melihat, namun membatasi penglihatan orang lain terhadap matanya. Perempuan muslim di Afganistan, Pakistan, dan India Utara adalah para pemakai burqa. Mirip mukena, burqa dikenakan di atas pakaian sehari-hari.

Sumber: cnn.com

Khimar
Khimar alias khumur adalah kain penutup kepala (kerudung) yang dipanjangkan melebihi pinggang—dari belakang hingga depan—yang tak hanya menutupi leher dan dada, tapi juga area bokong dan paha. Intinya, khimar adalah jenis kerudung yang disarankan oleh syariat Islam (syar’i).

Sumber: Pinterest.com

Nah—selain hijab, jilbab, niqab, cadar, burqa, dan khimar, masih banyak lagi istilah yang berhubungan dengan penutup aurat seorang muslimah, seperti abaya, bushiyya, dupatta, dan al-amira—dengan penamaan yang disesuaikan negara asalnya. Nah, daripada keburu pusing dengan istilah-istilah tersebut, yuk, kita hafalkan yang di atas terlebih dahulu supaya tak keliru lagi.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail