Busana Imigran Anniesa Hasibuan Hebohkan New York Fashion Week 2017
Fashion

Busana Imigran Anniesa Hasibuan Hebohkan New York Fashion Week 2017

Secara implisit, Anniesa juga ikut ‘bermain’ politik di NYFW kali ini—wow!

Menjadi desainer pertama yang menampilkan koleksi hijab di panggung NYFW tahun lalu sepertinya masih terasa kurang bagi Anniesa Hasibuan. Tanggal 14 Februari 2017 kemarin, ia kembali menghebohkan panggung NYFW dengan koleksi busana hijab fall/winter-nya yang berjudul Drama

Ya, heboh, karena seluruh koleksi busana hijab mewahnya ini dibawakan oleh para imigran (generasi pertama dan kedua) pemilik visa dan greencard Amerika Serikat. Secara khusus, pemilihan model beberapa waktu sebelumnya hanya dibuka untuk para imigran yang memenuhi syarat untuk berjalan di atas catwalk. Wah…

Menurut saya pribadi, aksi ini sama kerennya dengan desainer-desainer lain yang mengungkapkan rasa protesnya terhadap presiden Trump dengan simbol bandana putih, pin warna pink, atau T-shirt dengan print kata-kata yang menyindir. 

“Bagi saya, fashion adalah dunia yang selalu membuka dirinya untuk beragam orang. Saya tidak ingin membeda-bedakan. Kemampuan untuk mengekspresikan keberagaman adalah hal yang akan selalu saya pegang teguh di sepanjang karier saya di industri ini,” ucap Anniesa saat diwawancara majalah Elle.

Artikel terkait:
- Serunya Aksi Politik Para Desainer Di New York Fashion Week 2017

- Desainer Indonesia Tembus New York Fashion Week!

“Memakai model yang berlatar belakang imigran adalah salah satu cara saya untuk merayakan dan melanjutkan mimpi masyarakat Amerika Serikat tentang keberagaman," lanjut Anniesa saat diwawancara Huffingtonpost.

“Larangan Trump atas para penganut Muslim membuat saya sangat sedih. Menurut saya, agama seharusnya tidak pantas menjadi alasan menolak imigran. Apakah salah bagi seseorang untuk pergi dari negaranya yang sedang bermasalah untuk mendapat penghidupan yang lebih baik? Apakah salah bagi seseorang untuk berusaha mendapat pendidikan yang lebih baik?” ucap Chantal Kammerman, salah seorang model yang merupakan anak dari imigran asal Suriah.

Yup, seperti yang kita ketahui sebelumnya, kebijakan presiden Trump yang melarang masuknya para imigran dari 7 negara mayoritas muslim dunia memang mendapat banyak sekali kecaman. Dan seorang Anniesa Hasibuan pun menolak perilaku diskriminasi ras dan agama ini dengan caranya sendiri—yang secara mengejutkan juga mendapat banyak sekali pujian dari semua mata yang melihat peragaan busananya.

Harus saya akui koleksi Anniesa kali ini cukup ‘mature’—di balik kilauan setiap busananya, saya jadi bisa menangkap sikap Anniesa yang konsisten bermain tekstur dan volume bahan. Meski begitu, ke depannya Anniesa wajib membuat desain yang lebih spektakuler dan lebih ‘Indonesia’, sih, hehehe. Akhir kata, selamat, ya, Anniesa, dan terima kasih karena sudah kembali mengharumkan nama Indonesia! 

Foto cover: Instagram @anniesahasibuan

 

  • 0
  • Komentar ( 3 )