Puluhan Aktris Kulit Hitam Lakukan Protes Di Festival Cannes Dengan Mengenakan Baju Balmain

1526646009925
  • share line
  • share bbm
Puluhan Aktris Kulit Hitam Lakukan Protes Di Festival Cannes Dengan Mengenakan Baju Balmain

Festival Film Cannes tahun ini tampaknya menjadi ajang saat perempuan di dunia hiburan menjadi lebih berani bersuara. Setelah sebelumnya Cate Blanchett memimpin 82 perempuan sebagai bentuk pernyataan protes akan ketidaksetaraan dalam industri film, kini giliran 16 aktris kulit hitam untuk membuat pernyataan mereka sendiri. Uniknya semua aktris tersebut memakai busana dari satu perancang, yaitu Balmain.

Baca juga: 

82 Perempuan Lakukan Protes Di Karpet Merah Festival Cannes

Para aktris perempuan termasuk Nadège Beausson-Diagne, Mata Gabin, Maïmouna Gueye, Mata Haidara, Rachel Khan, Sara Martins, Marie-Philomène Nga, Sabine Pakora, Richard Firmine, Sonia Rolland, Magaajyia Silberfeld, Shirley Souagnon, Assa Sylla, Karidja Touré, Prancis Zobda, dan Aïssa Maïga. Semuanya berpakaian Balmain, karena ingin menarik perhatian pada proyek multimedia mereka  berjudul Noire N'est Pas Mon Metier.

sumber: theroot

Proyek tersebut yang jika diterjemahkan secara harfiah adalah, Black Is Not My Profession. Proyek ini sendiri bertujuan untuk mengekspos diskriminasi yang dialami perempuan kulit hitam di industri hiburan Prancis dan Amerika.

Keterlibatan Balmain dalam ‘mendandani’ mereka adalah campur tangan aktris Aïssa Maïga. Aïssa mendekati Olivier Rousteing, creative director Balmain untuk membuat semua gaun yang dipakai 16 aktris tersebut. Olivier sendiri sangat menyukai gagasan yang diusung Aïssa dan rekan-rekannya.

“Sangat menyenangkan untuk mengenal para perempuan ini melalui kisah yang mereka ceritakan. Mereka adalah perempuan kuat, humoris, dan jujur. Sayangnya, saya juga mengetahui dan menyadari bahwa mereka menerima ucapan kasar dan diskriminatif dalam sepanjang karier mereka,” ujar Olivier dalam pernyataan resminya.

sumber: variety

Seakan memberikan pernyataan dalam balutan busana Balmain, para aktris ini juga sempat berdiri di tangga Palais des Festivals yang membuat mereka terlihat menonjol di karpet merah Festival Cannes.

Cover: Elle

Tag:
cannes, aktris
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK