Lewat Pameran Timun Mas, Chitra Subyakto dan Davy Linggar Perkenalkan Lagi Cerita Rakyat Indonesia

1541833216148
  • share line
  • share bbm
Lewat Pameran Timun Mas, Chitra Subyakto dan Davy Linggar Perkenalkan Lagi Cerita Rakyat Indonesia

Sejauh Mata Memandang meluncurkan koleksi terbarunya yang bertajuk Timun Mas pada 8 November 2018 di Senayan City Jakarta. Bersamaan dengan itu, brand tekstil yang didirikan Chitra Subyakto tersebut juga menggelar pameran instalasi dengan berkolaborasi dengan fotografer Davy Linggar. Selain itu, Petra Sihombing dan Tulus juga ikut ambil bagian dengan mencipta komposisi audio untuk pameran ini.

Kiri ke kanan: Petra Sihombing, Dian Sastrowardoyo, Chitra Subyakto, Tulus, Davy Linggar

Yuk, kita tengok seperti apa uniknya pameran yang satu ini!

Dari pintu masuk, Anda akan diajak melewati jalan setapak yang atapnya dipenuhi juntaian kain blacu. Menurut Chitra, ini ibaratnya Anda sedang masuk ke dalam hutan tempat Timun Mas dikejar raksasa Buto Ijo! Ya, Chitra dan Davy memang berupaya menghidupkan cerita rakyat Jawa Tengah tersebut tidak hanya lewat cerita, tetapi juga pengalaman.

Hutan rimba yang satu ini nggak menyeramkan sama sekali, kok!



Kata Davy Linggar, ia perlu waktu 10 hari untuk mencipta rimba belantara ini dengan kain blacu yang digunting satu per satu. "Saya coba berkreasi sesuatu yang 'Sejauh' banget, yang sifatnya organik, buatan tangan," ujarnya.

Nah, berikutnya, Anda akan dibawa memasuki ruang audio visual yang menceritakan kisah Timun Mas yang dinarasikan oleh merdunya suara Dian Sastrowardoyo. Dengar dan saksikan sampai Timun Mas selamat dari kejaran  Buto Ijo, ya!

Ilustrasi kisah yang warna-warni, menarik banget!

Dari sana, ruang berikutnya adalah ruangan kaca yang di salah satu sudutnya ada dinding berisi kolase foto karya Davy Linggar. Model Mariana Renata terlihat di berbagai foto, memakai busana dari Sejauh Mata Memandang yang manis banget! 

Ruang terakhir berisi baju-baju dan aksesori terbaru dari Sejauh Mata Memandang yang bisa Anda beli langsung, termasuk buku dongeng Timun Mas. Nah, hasil penjualan buku-buku dongeng Timun Mas tersebut nantinya akan didonasikan untuk dua proyek sosial, yaitu beasiswa untuk mahasiswi perempuan lewat Yayasan Dian Sastrowardoyo dan Yayasan Bantu Guru Belajar yang digagas oleh penyanyi Tulus. Ada dua versi buku dongeng yang bisa Anda beli, versi kain yang merupakan buatan tangan, serta versi kertas yang tersedia dalam 200 eksemplar saja.

Pameran Timun Mas ini gratis dan terbuka untuk umum. Berlangsung hingga 8 Januari 2019 mendatang, Anda wajib mampir ke sini untuk ikut melestarikan cerita rakyat Indonesia yang satu ini. Sampai bertemu di sana!

Cover dan foto: Mardyana Ulva

Tag:
pameran seni, Sejauh mata memandang, seni budaya, buatan Indonesia, seniman indonesia
  • share line
  • share bbm
heart 6 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK