Kisah Haru Temanku Lima Benua yang Melukis Atlet Tunanetra di Asian Para Games 2018

1539435919548
  • share line
  • share bbm
Kisah Haru Temanku Lima Benua yang Melukis Atlet Tunanetra di Asian Para Games 2018

Selain kisah dari para atletnya, Asian Para Games 2018 juga punya kisah menarik dari kursi penonton. Temanku Lima Benua ‘bergerilya’ melukis sketsa wajah-wajah orang yang ditemuinya hanya dalam waktu dua menit saja!

Anda jangan bingung dulu. Namaku Lima Benua adalah nama seniman remaja berusia 16 tahun asal Klaten yang akrab disapa Liben. Ia adalah‘duta persahabatan’ di Asian Para Games 2018 ini yang ditunjukkannya lewat sketsa-sketsa wajah yang ia lukis selama pergelaran ini berlangsung. Seperti yang sudah saya sebutkan, Liben melukis semua sketsa wajah orang yang ditemuinya itu, masing-masing dalam waktu dua menit.

2893 itu adalah jumlah sketsa yang telah ia buat selama Asian Para Games 2018 berlangsung!
Menariknya, bertemu dengan banyak atlet mancanegara selama Asian Para Games 2018 ini ternyata memberinya pengalaman unik yang tak akan ia lupakan. Mengaku kesulitan berbahasa Inggris, sering ia menggunakan bahasa Inggris terbatas bahkan gerak tubuh saja untuk berkomunikasi dengan para atlet. Yang paling ia kenang adalah ketika melukis atlet tunanetra asal Filipina.


Baca juga: 

Dalam Kondisi Hamil, Atlet Suwarti Sumbang Emas untuk Indonesia di Asian Para Games 2018


“Pernah gambar atlet dari Filipina yang tunanetra yang matanya ditutup. Lalu temannya minta si atlet Filipina itu buka penutup matanya selama saya lukis,” kenangnya. “Terus si atlet Filipina ini nangis, katanya dia merasa ganteng di lukisan itu. Dia bilang ‘Oh, I’m so handsome, thankyou so much,’ begitu.”

Seniman muda ini mengaku baru tertarik sketsa wajah sejak empat bulan lalu, sementara sebelum ini ia menggeluti seni rupa yang lebih kontemporer. Rencananya tahun depan, ia akan kembali menggelar kembali ajang seni Klaten Biennale. Siswi kelas XI ini juga rencananya akan berkuliah di jurusan seni rupa selulusnya dari SMA.

Good luck, Liben! 
 

Tag:
Asian Para Games, asian para games 2018, kisah haru
  • share line
  • share bbm
heart 5 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK