Film-Film Adaptasi Karya Jane Austen Terbaik

1500379221165
  • Share
Film-Film Adaptasi Karya Jane Austen Terbaik

Bahkan 200 tahun setelah kematiannya (yang diperingati tahun ini, tepatnya tanggal 18 Juli), karya-karya Jane Austen masih dicintai dan terus dibaca lintas generasi. Jane Austen yang sepanjang hidupnya menghabiskan waktu di Hampshire, daerah selatan Inggris, telah menjelma jadi ikon sastra dunia dan salah satu pengarang terbesar yang pernah kita miliki.

Semua novelnya telah diadaptasi ke berbagai versi, bahkan turut menginspirasi lahirnya karya baru dari pengarang lain. Berikut adalah versi adaptasi terbaik yang pernah dibuat untuk kisah manis yang diciptakan Miss Austen sepanjang hidup.

Pride and Prejudice (miniseri BBC, 1995)
Ada beberapa versi Pride and Prejudice yang berhasil difilmkan (sejak tahun 1938 tercatat ada 11 film Pride and Prejudice). Yang paling baru adalah versi Joe Wright di mana Keira Knightley dan Matthew Macfadyen berperan sebagai Elizabeth Bennet dan Mr. Darcy. Tapi versi terbaru tersebut, menurut saya, sulit mengungguli versi mini seri yang diluncurkan BBC tahun 1995. Colin Firth sangat pas memerankan Mr. Darcy yang dingin, angkuh, sekaligus charming.

(Sumber: gstatic)

Bridget Jones’s Diary (2001)
Sadar atau tidak, plot dari novel Bridget Jones’s Diary meminjam alur Pride and Prejudice milik Jane Austen. Hal ini pun secara blak-blakan diakui oleh penulisnya, Helen Fielding, yang merepresentasikan tokoh-tokoh rekaan Jane Austen ke abad modern. Maka Anda akan bertemu sosok Bridget Jones (lengkap dengan orangtuanya yang berkarakter mirip dengan orangtua Elizabeth Bennet), Mark Darcy, dan Daniel Cleaver. Menariknya, saat menciptakan karakter Mark Darcy, Helen Fielding, memikirkan sosok Colin Firth waktu berperan sebagai Mr. Darcy (di versi miniseri BBC). Ia berpikir ketika novelnya difilmkan Mark Darcy harus diperankan oleh Colin Firth, dan terjadilah.

(Sumber: scriptmag)

Sense and Sensibility (1995)
Boleh dikata, versi layar lebar tahun 1995 yang naskahnya diadaptasi oleh Emma Thompson (yang juga berperan sebagai Elinor Dashwood) dan disutradarai oleh Ang Lee (sutradara Life of Pi) menjadi versi adaptasi tersukses. Film ini mendapat tujuh nominasi Oscar (Emma Thompson mendapat Oscar untuk kategori Best Adapted Screenplay) dan 11 nominasi dalam ajang BAFTA. Dari jajaran pemerannya pun bertabur bintang. Kate Winslet berperan sebagai Marianne Dashwood, Hugh Grant berperan sebagai Edward Ferrars, sedangkan Colonel Brandon diperankan mendiang Alan Rickman.

Sense and Sensibility (miniseri BBC, 2008)
Meski versi layar lebarnya begitu sukses, tapi sulit untuk tidak memasukkan versi miniseri yang terdiri dari 3 episode yang tayang nyaris 10 tahun lalu ke dalam kategori adaptasi terbaik. Persoalannya chemistry antara Hattie Morahan (Elinor Dashwood) dan Dan Stevens (Edward Ferrars) begitu kuat dan menyenangkan ditonton. Dan tahukah Anda kalau mereka berdua reuni lagi di film Beauty and The Beast terbaru. Yes, Dan Stevens menjadi Beast sedangkan Hattie menjadi  Agathe.


(Sumber: pinterest)
Emma (1996)
Gwyneth Paltrow terbilang berhasil memerankan sosok Emma Woodhouse, seorang mak comblang yang lincah dan ceria. Film layar lebar ini memang cukup setia dengan versi bukunya. Apalagi Emma dan Mr. Knightley merupakan salah satu pasangan favorit para pecinta buku Jane Austen. Namun, ada dua hal yang menonjol dalam adaptasi ini, original score yang menghiasi film ini (pantas jika diganjar piala Oscar) dan tentu saja pakaian yang dikenakan para tokoh didalamnya.

(Sumber: blogspot)

Mansfield Park (1999)
Mansfield Park termasuk karya Jane Austen yang cukup sering diadaptasi. Jika harus membandingkan antara versi 1999 yang dibintangi Frances O’Connor dan Jonny Lee Miller dengan versi 2007 yang diperankan oleh Billie Piper dan Blake Ritson, maka pilihan saya jatuh pada versi tahun 1999. Di film ini, meski nuansanya lebih gelap, Fanny Price lebih terasa menyenangkan dari versi bukunya.

(Sumber: austensmansfield)

Persuasion (2007)
Persuasion boleh saja jadi karya Jane Austen yang tidak terlalu dibicarakan, namun saya pribadi menyukai jalinan cerita dan tema yang diangkat (meski masih seputar cinta). Begitu pula dengan versi film layar lebar tahun 2007 yang diperankan dengan gemilang oleh Sally Hawkins sebagai Anne Elliot dan Rupert Penry-Jones sebagai Frederick Wentworth. Pergulatan batin Anne saat bertemu kembali dengan Wentworth, yang delapan tahun lalu sempat melamarnya tapi ia tolak, lebih terlihat ketimbang versi tahun 1995.

(Sumber: kalafudra)

Bagaimana dengan Anda, apa film adaptasi karya Jane Austen favorit Anda?

 

Tag:
jane, austen
  • Share
4 People liked this
LIKE
BOOKMARK