Bahayanya Aksi Christian Bale Naik dan Turunkan Berat Badan di Film

1539496820453
  • share line
  • share bbm
Bahayanya Aksi Christian Bale Naik dan Turunkan Berat Badan di Film

Kalau ada aktor yang paling sering membuat perubahan fisik yang dramatis untuk film, dia adalah Christian Bale. Di luar film Batman yang menampilkan wajah ganteng dan tubuh kekarnya, Bale juga muncul di film-film serius yang membuatnya tampil mirip junkie atau malah gendut dan botak seperti kakek-kakek.

Baca juga:

6 Cara Mudah Turunkan Berat Badan Bagi Si Penggemar Karbohidrat

Dalam film terbarunya, Vice, Bale memerani Dick Cheney (77), Wakil dari Presiden AS George W. Bush. Demi peran tersebut Bale (44) menambah berat badannya hingga hampir 21 kg.

Sebagai Dick Cheney dalam Vice. (Sumber: Annapurna Pictures)Penampilannya sebagai Trevor Reznik dalam thriller psikologis The Machinist (2003) justru sebaliknya. Ketika itu, ia menurunkan bobotnya sampai 28 kg untuk tampil sebagai pengidap insomnia kronis. Buat menurunkan beratnya, Bale hanya mengonsumsi sebutir apel dan minum air putih, serta secangkir kopi dalam sehari.

The Machinist (Sumber: Paramount)"Saya hanya tidur dua jam, membaca buku selama 10 jam nonstop... sulit dipercaya," seru aktor yang dijuluki King of Hollywood Yo-yo Dieting ini. Ketika syuting dimulai, bobotnya antara 49-54 kg saja!

Dari situ, Bale menaikkan bobotnya menjadi 104 kg dalam 6 bulan demi menjadi Batman di Batman Begins. Namun, sutradara Christopher Nolan menilai berat badannya berlebihan, sehingga Bale diminta diet lagi sampai beratnya 86 kg.

American Hustle (Sumber: Slash Film)Kemauan dan kemampuannya bertransformasi dalam film membuahkan Piala Oscar, yaitu untuk The Fighter dan American Hustle. Meskipun begitu, tindakan Bale menjadi perhatian khusus para praktisi kesehatan.


Baca juga: 

3 Kesalahan Saat Olahraga Yang Bikin Berat Badan Susah Turun


“Risiko penurunan berat badan dengan cepat dan drastis antara lain hilangnya massa otot dan kekuatan otot, ketidakseimbangan hormon dan elektrolit, malnutrisi, disfungsi organ, pusing, dan mood swing,” kata Jennifer McDaniel, juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics.

The Fighter (Sumber: PopSugar)Diet yo-yo berulangkali juga menimbulkan persentase lemak tubuh yang tinggi, tingkat metabolis yang rendah, dan hormon lapar dan kenyang jadi kurang responsif.

The King of Hollywood Yo-yo Dieting. (Sumber: The Independent)Dr Christine Ren-Fielding, kepala Bariatric Surgery di NYU Langone Medical Center, menambahkan, setiap berat badan turun pasti akan efek rebound. “Tubuh akan membuat Anda lebih ingin makan, lebih sering lapar, Anda akan makan lebih banyak karbohidrat, dan akhirnya berat badan naik lebih banyak lagi,” katanya.

American Psycho. (Sumber: The Daily Mail)Baca juga:

4 Langkah Menjaga Supaya Berat Badan Anda Tidak Naik Lagi

Dalam kasus Bale, ketika tubuh tak bisa lagi membakar lemak, akhirnya ia akan membakar otot. Hal ini berbahaya, karena selain tubuh jadi menggelambir dan lebih lemah, Anda akan menimbun lemak makin banyak ketika kembali makan secara normal.

Cover image: Stuff

Tag:
christianbale, dietyoyo, beratbadan, menurunkanberatbadan, menaikkanberatbadan, trikdiet, agarlangsing, cepatkurus
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK