Untuk mengakses womantalk lebih nyaman unduh appsnya!

10 Fakta Menarik Dari Film ‘Moana’ 

2016-11-28 17:00:29.115968

¯¯¯¯¯

Yay, film terbaru dari Disney yang siap menghapus ingatan kita semua akan film dengan OST Let It Go ini akhirnya tayang di bioskop! Berikut 10 fakta seru dibalik filmnya.

1. Figur tubuh Moana dibuat serealistis mungkin—terlihat beda dengan tubuh ‘putri-putri’ Disney sebelumnya.

Sekal, agak berotot, dan terlihat sehat, ya? We love it!

2. Sutradara Ron Clements dan John Musker, beserta tim, juga melakukan ‘penjelajahan’ ke utara Oseania—pulau Fiji, Bora Bora, Tahiti, dan Samoa—sejak tahun 2011. Demi mendapat info akurat, riset budaya terus mereka lanjutkan hingga tahun 2014. Dari situlah mereka mulai mewujudkan visual-visual kerennya.

Ahli antropolog, ahli bahasa, ahli navigasi, akademisi, pengajar, dan penasihat budaya—semua dikumpulkan untuk diajak bekerjasama.

3. Diangkat dari kisah legenda. Dua ribu tahun yang lalu, sejarah mencatat orang-orang Pasifik Selatan sebagai penjelajah paling perkasa di muka bumi—dan anehnya, penjelajahan ini sempat terhenti selama 1000 tahun setelahnya. Dari sini, Clements dan Musker muncul dengan ide cerita yang unik: petualangan seorang gadis dalam mencari jati diri dan menyelamatkan sesamanya.

Ya, mungkin agak mirip dengan Pocahontas dan Mulan yang mengikutsertakan sisi sejarah juga, sih.

4. Tokoh utama sebenarnya bukanlah Moana, melainkan Maui, yang suaranya diisi oleh Dwayne Johnson. Maui sendiri merupakan salah satu dewa super kuat dalam mitologi Polinesia, yang berjasa dalam mengangkat keluar pulau-pulau yang ditelan Samudera Pasifik Selatan.

Another myth and history from the movie—how cool is that?

5. “Sedikit terinspirasi oleh film Mad Max: Fury Road,” ungkapClements dan Musker. 

Spoiler alert! Visual ini bisa dilihat pada salah satu adegan kejar-kejaran dengan grup penjahat bernama Kakamora. 

6. Pengisi suara Moana (Auli’i Cravalho) dan Maui (Dwayne Johnson) memiliki keturunan nenek moyang yang sama, yaitu dari Kepulauan Pasifik.

Clements dan Musker bersikeras para pengisi suara ini memiliki koneksi yang sama.

7. Suara babi (Pua) dan ayam jago (Hei Hei) di film ini diisi oleh suara binatang sungguhan, bukan oleh suara manusia.

Yup—kecuali Tamatoa (kepiting ajaib), binatang-binatang ini tidak bisa berbicara bahasa manusia.

8. Tim special effect film ini membuat sistem animasi terbaru yang dinamakan Splash, khusus untuk menggerakkan karakter ‘Ocean’, teman Moana dalam bertualang.

Hasilnya… KEREN!

9. 80% dari keseluruhan film menggunakan special effect. Bandingkan dengan Big Hero 6 yang hanya menggunakan special effect sebesar 46%.

Selain pemandangannya yang membuat ingin segera berlibur, keseluruhan filmnya juga sangat menghibur mata.

10. Clements dan Musker melakukan audisi tak kurang dari 100 perempuan usia 14-30 tahun untuk mendapatkan pengisi suara Moana yang tepat. Lucunya, penampilan Auli’i Cravalho mirip sekali dengan tokoh asli yang diisi suaranya—padahal visualisasi Moana sudah dibuat jauh sebelum audisi berlangsung.

What a coincidence!

Foto cover: Denofgeek

  •   0
  •   1
Lihat Komentar Lainnya

Untuk dapat Ikut Berkomentar, silahkan download