Voice of Baceprot, Band Metal Asal Garut Yang Semua Anggotanya Berhijab
17 August 2021
Mendobrak tradisi, Voice of Baceprot yang anggotanya terdiri dari tiga perempuan berhijab ini percaya diri berkarya di genre musik metal

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa perempuan berhijab tak akan akrab dengan musik metal. Pada umumnya pun, genre musik metal didominasi oleh musisi-musisi pria. Namun, Voice of Baceprot (VOB) mendobrak semua tradisi tersebut: band asal Garut ini beranggotakan tiga perempuan berhijab yakni Firdda Marsya Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass), and Euis Siti Aisyah (drums). Yuk, kenalan dengan mereka!

Band metal asal Garut

Voice of Baceprot adalah band metal asal Garut, Jawa Barat yang dibentuk tahun 2014 lalu. Nama bandnya saja cukup unik, sebab dalam bahasa Sunda 'baceprot' berarti ‘bawel’ atau ‘berisik’. Marsya, Widi, dan Siti bertemu di grup teater sewaktu masih bersekolah di Madrasah Tsanawiyah (SMP) di Singajaya, desa kecil berjarak dua jam mengemudi dari Garut.

“Dulu kami dianggap bandel. Kami sering dipanggil ke ruang guru dan dihukum. Itulah mengapa kami akhirnya diarahkan untuk bergabung di klub teater sekolah untuk menyalurkan energi kami," kenang Siti dalam rilis resmi yang diterima Womantalk.

Berawal dari pentas teater

Di salah satu pertunjukan teater yang diikuti Marsya, Widi, dan Siti, mereka berperan sebagai anggota sebuah band sehingga mereka belajar memainkan alat musik. Namun usai pentas, tercetus ide untuk melanjutkan 'peran' mereka itu di dunia nyata, yang akhirnya didukung oleh guru konseling mereka, Erza Satia. Bermodal laptop dan alat musik seadanya, guru konseling yang mereka panggil 'Abah' itu pun mengajari Marsya, Widi, dan Siti bermain musik. Segera setelah lulus Madrasah Aliyah (SMA), ketiganya pun pindah ke Jakarta untuk berkarier menjadi musisi.

Pakai hijab tak jadi hambatan

Selain beranggotakan perempuan, tiga personel VOB semuanya berhijab. Menurut Marsya, berhijab tak menghalangi mereka untuk berkarya. Katanya, "Memakai hijab tidak menjadi hambatan bagi kami sejauh ini, untuk berusaha mengejar cita-cita menjadi musisi. Kami bebas mengekspresikan kreativitas kami lewat musik rock, sembari menjalankan tanggung jawab kami sebagai muslimah."

Populer lewat Youtube

Trio ini mulai menarik perhatian orang-orang ketika mereka mengunggah video di YouTube yang meng-cover lagu dari Rage Against The Machine di tahun 2015. Setelah itu mereka banyak memproduksi video-video musik yang meng-cover lagu-lagu dari band idola mereka, seperti Red Hot Chili Peppers, Metallica, and Slipknot

Menarik perhatian internasional

Di tahun 2018, VOB menandatangani kontrak dengan agency yang berbasis di Jakarta, Amity Asia. Tak lama setelahnya, Marsya, Widi, dan Siti merilis single perdana berjudul  “School Revolution” yang diproduseri oleh gitaris Musikimia, Stephan Santoso. Berkat single inilah mereka jadi perbincangan dan dibahas oleh media online internasional seperti The New York Times, NPR, BBC, DW dan The Guardian.

Rilis single baru

Bertepatan di Hari Kemerdekaan RI, VOB merilis lagu terbaru mereka yang berjudul “God, Allow Me (Please) To Play Music”. Sebelum merilis single ini, VOB juga telah merilis mini album berjudul “The Other Side Of Metalism.” Lagu-lagu di mini album ini berisi lima lagu cover yang mereka bawakan secara live, yang merefleksikan perjalanan mereka sebagai sebuah band, serta single “School Revolution” versi live.

Penasaran dengan penampilan VOB ini saat manggung? Cek video musik mereka saat membawakan single "School Revolution" ini ya!

 

Cover: Instagram/voiceofbaceprot

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail