Mantan Personel BTOB Jung Il Hoon Dihukum Penjara 2 Tahun Karena Kasus Narkoba
11 June 2021
Ketahuan membeli dan pakai ganja selama bertahun-tahun, Jung Il Hoon eks BTOB dihukum 2 tahun penjara.

Setelah tahun 2020 lalu ketahuan membeli dan memakai ganja selama 4-5 tahun terakhir, mantan rapper boyband Korea BTOB, Jung Il Hoon, menerima hukuman penjara selama dua tahun dari pengadilan.

Pada 10 Juni 2021, sidang vonis Jung Il Hoon diadakan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul. Dia dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan didenda 133 juta won atau sekitar Rp1,69 miliar karena melanggar Undang-Undang tentang Pengendalian Narkotika, dan dia kini ditahan.

Jung Ilhoon diadili karena dicurigai membeli dan merokok 826 gram ganja seharga sekitar 130 juta won atau sekitar Rp1,6 miliar sebanyak 161 kali antara 5 Juli 2016 hingga 9 Januari 2019 bersama dengan tujuh terdakwa lainnya.

Selain Il Hoon, tujuh terdakwa lainnya menerima hukuman bervariasi antara satu tahun dan enam bulan sampai dua tahun atau hukuman percobaan, tergantung pada jumlah kasus mereka merokok ganja. 

"Para terdakwa berkomunikasi melalui web gelap agar kejahatan mereka tidak mudah dideteksi, dan mereka menggunakan metode kriminal yang rumit, seperti melakukan transaksi dengan bitcoin cryptocurrency," jelas pihak pengadilan. 

Jung Il Hoon dapat hukuman cukup berat karena dia dinilai punya peran utama dan melakukan tindakan kriminal paling banyak. 

Sebelumnya, Jung Ilhoon sudah daftar wajib militer sebagai pekerja layanan publik pada Mei 2020. Kasusnya terungkap pada Desember 2020 dan dia kemudian mengundurkan diri dari BTOB di bulan yang sama. Bulan lalu, jaksa menuntut empat tahun penjara dengan denda, dan akhirnya hukuman final yang diberikan adalah dua tahun penjara dengan denda.

BTOB kini hanya tinggal enam personel, yaitu Eunkwang, Minhyuk, Changsub, Hyunsik, Peniel, dan Sungjae. Hyunsik dan Sungjae kini tengah menjalani wajib militer, sedangkan keempat personel lainnya membentuk sub-unit BtoB 4U.

Cover: Pinterest

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail