Ini Kebiasaan Di Istana Inggris Yang Sering Dilanggar Putri Diana Semasa Hidupnya
22 July 2021
Semasa hidupnya, mendiang Putri Diana paling tidak tahan dengan kebiasaan yang berlangsung di Istana Inggris setelah makan malam ini. Tak jarang ia pun melanggarnya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di lingkungan Kerajaan Inggris ada banyak aturan, kebiasaan, serta tata krama khusus. Namun semasa tinggal di istana, ternyata ada satu aturan kerajaan yang membuat mendiang Putri Diana tak tahan untuk mengikutinya. Mengutip Express, Sir William Heseltine yang merupakan mantan sekretaris pribadi Ratu Elizabeth II, mengatakan bahwa Putri Diana merasa tersiksa setiap kali harus berada dalam obrolan basa-basi formal yang panjang usai makan malam.

Enggan berbasa-basi
Dalam sebuah wawancara untuk buku karya Juliet Rieden yang berjudul ‘The Royals in Australia’, Sir William berkata, "Bagi Diana, malam hari bersama para bangsawan itu terasa seperti siksaan."

“Akan ada satu jam atau lebih obrolan dengan para bangsawan, dan mereka semua merasa tak enak hati jika harus pergi tidur sebelum sang ratu pamit untuk tidur," sambungnya.

Melanggar kebiasaan istana
Lebih lanjut, Sir William mengatakan bahwa Putri Diana akhirnya memutuskan untuk undur diri lebih dulu sebelum ratu pamit. Menurutnya, ini sikap dianggap buruk oleh para bangsawan di istana Kerajaan Inggris. 

"Dan Diana terdorong untuk mengesampingkan itu lalu pergi tidur, yang saat itu dianggap buruk: pergi tidur mendahului sang ratu,” ujarnya lagi.

Zarife Hardy, seorang praktisi tata krama di the Australian School of Etiquette, mengatakan kepada Harper’s Bazaar tentang aturan para bangsawan perihal waktu tidur ini. 

"Para tamu tidak bisa pamit untuk tidur sebelum Ratu, yang biasanya baru tidur di tengah malam," jelasnya.

Dikenang hingga kini
Putri Diana memasuki lingkungan istana setelah ia menikah dengan Pangeran Charles pada tahun 1981. Mereka dikaruniai dua orang putra, yakni Pangeran William dan Pangeran Harry, sebelum akhirnya memutuskan bercerai di tahun 1996.

Sosok bangsawan yang dicintai banyak orang ini meninggal dunia di usia 36 tahun dalam sebuah kecelakaan maut di Paris, Prancis pada tahun 1997. Tahun ini, sebuah patung Putri Diana berdiri di Sunken Garden, Istana Kensington, telah diresmikan oleh Pangeran William dan Pangeran Harry, sebagai peringatan ulang tahun sang ibu pada 1 Juli lalu.

Cover: Express

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail