Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Mencapai Puncak Karier

1537077614440
  • share line
  • share bbm
Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Mencapai Puncak Karier

Perkembangan teknologi yang pesat membuat sukses diraih dalam usia yang sangat muda. Saat ini, sudah tidak aneh menemukan seorang CEO atau COO yang masih berada di usia 20an. Bagi yang merasa sudah terlalu tua untuk mencapai puncak karier, Anda tidak perlu berkecil hati karena tidak ada kata terlambat untuk mencapai sukses. Hasil studi baru di Nature oleh para peneliti dari Penn State dan Northwestern, yang menganalisis kinerja sepanjang karir lebih dari 20.000 ilmuwan, 3.000 seniman, dan 6.000 pembuat film menemukan bahwa tidak pernah ada kata terlalu tua untuk sukses. 

Baca juga: 

Semua Wanita Karier Wajib Patuhi 8 Aturan Berbusana Ini! 

Tim ini mengumpulkan data yang sangat besar dari kutipan Google Scholar, harga lelang, dan peringkat IMDB, yang memberi para peneliti sarana untuk mengukur keberhasilan karya yang populer dan komersial. Data ini kemudian diolah dengan model statistik yang rumit untuk menemukan pola dan tren. 

Sumber: Pinterest

Apa yang mereka temukan sangat luar biasa. Pertama, mereka mengonfirmasi keberadaan "hot streak" (panjang waktu saat semua berjalan dengan tepat) dalam karier seseorang. Periode ini juga disebut sebagai periode multiyear ketika "menang melahirkan lebih banyak kemenangan" dan serangkaian proyek besar dirilis dalam periode yang terbatas. Dari 80% hingga 91% orang dalam profesi yang dianalisis cenderung memiliki setidaknya satu hot streak dalam karier mereka dan beberapa orang memiliki dua hot streak.

Baca juga: 

Pertanyaan Penting Tentang Karier Perempuan Bukan Soal Gaji, Tapi Hal Ini

Para peneliti juga menemukan bahwa dua pencapaian terbesar dalam kehidupan profesional seseorang kemungkinan akan terjadi berurutan. Kedua, para peneliti menegaskan bahwa hot streak ini bisa terjadi kapan saja selama masa kerja Anda, sebuah fenomena yang dijuluki "aturan dampak acak."

Sumber: Business Insider

“Secara konvensional, orang cenderung mempunyai puncak karier saat mereka berada di pertengahan karier, sekitar usia tiga puluhan dan empat puluhan. Tetapi ini ternyata merupakan pembacaan data yang tidak lengkap,” kata Dashun Wang, profesor di Northwestern. “Ini berarti, pekerjaan terbaik Anda bisa terjadi, dengan probabilitas yang sama, di pekerjaan pertama Anda, pekerjaan terakhir, atau di suatu tempat di tengah.”

Dashun mengatakan bahwa masih banyak hal yang harus diteliti mengenai hasil penelitian ini. Namun yang pasti, ia mengatakan bahwa Anda tidak boleh menyerah karena bisa jadi, hot streak sedang menunggu Anda. 

Cover: Fairfield Edu

Tag:
hotstreak, karir, profesional, puncakkarir
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK