Untuk mengakses womantalk lebih nyaman unduh appsnya!

8 Tips Sukses Membangun Toko Online Bagi Pemula

2016-11-30 19:00:02.999491

¯¯¯¯¯

Sedang mencari uang tambahan atau sekadar ingin mencoba berbisnis? Mungkin menjual produk secara online adalah solusinya. Berikut langkah-langkah awal yang bisa Anda ambil.

1. Tentukan jenis produk yang hendak dijual.
Lakukan riset terlebih dahulu mengenai produk-produk yang paling banyak dicari dan dibutuhkan masyarakat. Pastikan bahwa produk yang hendak dijual sudah memiliki pasar agar cepat laku dan perputaran uangnya cepat.

2. Susunlah sebuah konsep usaha.
Apapun bentuk produk—fisik/digital/jasa—yang hendak dijual, konsep usaha wajib dibuat. Karena bagian ini merupakan bagian tersulit, maka menjual produk milik orang lain (dropship/reseller/kemitraan) adalah pilihan termudah.

Dari sini, skema usaha pun mulai terlihat. Tentukanlah rantai supplier, tempat penyimpanan barang (bila perlu), pengemasannya, hingga jasa ekspedisi pengiriman barang.   

3. Rapikan pembukuan sejak awal.
Meski krusial, namun hal mencatat modal awal, pemasukan, dan pengeluaran uang seringkali terlupakan. Agar lebih rapi dan transparan, buatlah pembukuan dari awal usaha dimulai—pisahkan pembukuan dan penyimpanan uang (rekening bank)-nya dengan urusan pribadi. 

4. Manfaatkan media sosial & marketplace dengan maksimal.
Jangan terburu-buru membuat website untuk berjualan, karena hal ini membutuhkan modal awal dan pemeliharaan yang tidak sedikit. Mulailah berjualan melalui beragam media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube yang gratis, serta bermacam-macam marketplace seperti Blibli.com, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, serta Elevania. 

Tak hanya penting untuk meningkatkan penjualan, memperbanyak ‘cabang’ toko melalui beragam media sosial dan marketplace ini juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

5. Tampilkan foto produk yang bagus.
Yakinkan pelanggan Anda dengan tampilan visual yang menarik; foto yang tajam dan tersusun dalam komposisi yang kreatif. Hal ini penting untuk meningkatkan daya jual produk Anda. Meski produknya tenyata sama dengan yang dijual toko ‘sebelah’, dengan tampilan visual yang lebih menarik, pastinya barang yang Anda jual akan lebih diminati oleh pelanggan. 

6. Siapkan kemasan yang keren. 
Mirip poin nomor 5, kemasan yang bagus juga akan meningkatkan daya jual suatu produk. Buatlah produk Anda terlihat instagrammable saat difoto dengan kemasan yang unik. Ketika pelanggan Anda mengunduh dan menyertakan nama toko Anda pada foto produknya, tentunya hal ini sudah turut membantu promosi toko online Anda.

7. Lakukan soft selling dengan rajin memberi tips.
Tingkatkan komunikasi dengan pelanggan (sambil berjualan) dengan rutin memberi informasi bermanfaat. Ketahui tren-tren terkini dan apa yang pelanggan sukai, lalu buatlah tips-tips yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan jumlah follower dan pelanggan.

8. Konsisten & kontinuitas adalah keharusan.  
Jangan pernah lupa untuk memperbarui tampilan toko online Anda—mengunduh foto-foto terbaru setiap harinya adalah keharusan. Dengan mengubah gaya dan konsep foto, satu produk yang sama dapat terlihat beda saat diunduh pada toko online, kok.

Oh ya, terakhir, jangan lupa juga untuk rajin memberi promo diskon atau acara giveaway untuk meningkatkan jumlah pelanggan, ya.

 

  •   0
  •   0
Lihat Komentar Lainnya

Untuk dapat Ikut Berkomentar, silahkan download