7 Hal Yang Perlu Diketahui Jika Ingin Jadi Freelancer

1484280464860
  • Share
7 Hal Yang Perlu Diketahui Jika Ingin Jadi Freelancer

Bagi orang-orang berjiwa kreatif, bekerja dengan jadwal yang ketat ditambah dengan macetnya jalanan, merupakan salah satu cobaan hidup. Maka tak heran jika mereka mengambil jalur karier sebagai freelancer atau self-employed. Banyak juga yang melakukan pekerjaan freelance sebagai career goal tersendiri. Siapa yang tidak tergiur dengan jam kerja fleksibel, proyek yang tidak membosankan, dan kesempatan menjadi bos bagi diri sendiri?

Namun sebelum Anda memutuskan mengubah status LinkedIn Anda menjadi self-employed, simak 7 hal yang perlu diketahui tentang bekerja freelance:

1. Ketahui sisi buruknya.
Sebelum memutuskan berkarier dalam dunia freelance, ada baiknya mengetahui apakah dunia ini memang cocok bagi Anda. Anda memang bos bagi diri sendiri, tapi juga sekaligus menjadi karyawan bagi diri Anda sendiri. Anda harus siap untuk mengerjakan hal-hal lain seperti mencari klien, mempromosikan diri, mengatur diri, mengelola keuangan, dan lainnya. Lakukan percobaan atau riset terlebih dahulu sebelum melepaskan pekerjaan Anda.

2. Cari dan tambah koneksi.
Membuat diri Anda dikenal merupakan suatu keharusan bagi freelancer. Jadi, penting bagi Anda untuk bertemu dengan banyak orang. Lebih penting lagi jika Anda bertemu dengan orang yang tepat. Salah satu cara membuat diri dan karya Anda dikenal banyak orang adalah dengan mengikuti acara-acara komunitas. Selain itu, membangun kehadiran Anda di dunia maya juga sama pentingnya dengan dunia nyata. Coba buat akun di situs-situs seperti Behance, YunoJuno.com, workingnotworking.com, atau bikinilist.com. Mempunyai situs pribadi yang dilengkapi dengan portofolio Anda juga penting dilakukan.

3. Berhubungan dengan klien.
Prinsip pembeli adalah raja berlaku dalam hal ini. Dari awal tentukan apa yang bisa Anda lakukan dan tidak bisa Anda lakukan. Jangan sampai Anda melakukan terlalu banyak proyek dengan bayaran yang tidak sesuai. Tentu saja, Anda juga perlu menjadi fleksibel. Menentukan jangkauan kerja yang bisa Anda lakukan akan mempermudah pekerjaan. Jangan lupa bersikap baik pada siapapun karena Anda tentu berharap klien kembali memberi proyek untuk Anda.

4. Atur waktu.
Kemampuan mengatur waktu bagi freelancer biasanya berbanding sejajar dengan jam terbang. Salah satu kesalahan freelancer pemula adalah manajemen waktu. Banyak newbie yang masih belum bisa mengestimasi berapa lama mereka harus mengerjakan suatu proyek atau berapa banyak pekerjaan yang harus diambil. Beberapa orang menggunakan metode berbeda dalam mengatur waktu mereka. Ada yang konvensional dengan menggunakan post it, buku catatan, atau diari. Beberapa mulai mengadopsi teknologi seperti FreeAgent. Bagaimana Anda mengatur jadwal itu adalah masalah preferensi tetapi jangan pernah melewati batas waktu sebuah proyek.

5. Jangan sampai kewalahan.
Seperti yang disebutkan Metta Murdaya, Pendiri Juara Skincare, bagi freelancer, urusan pribadi terkadang susah dibedakan dengan urusan pekerjaan. Jika Anda mengalami burn-out pasti susah menciptakan karya yang bagus, kan? Jangan bekerja ketika tubuh sudah kelelahan dan berikan waktu untuk diri Anda beristirahat.

6. Tahu kapan berkata tidak.
Mendapatkan banyak proyek memang bagus, tapi ada waktunya Anda harus menolaknya karena mungkin menghabiskan banyak waktu. Penting juga untuk menentukan portofolio yang ingin Anda bangun. Jadi jangan mengiyakan semua proyek yang ditawarkan. Pilih yang berkualitas dan mempunyai bayaran yang sepadan.

7. Temukan tempat kerja yang ideal.
Tentukan tempat ideal bagi Anda untuk bekerja. Pastikan juga membuat tempat ini senyaman dan sesehat mungkin. Bagi beberapa orang, bekerja dari rumah adalah suatu hal yang produktif karena hemat waktu dan biaya. Namun, beberapa orang akan merasa sulit fokus jika bekerja di rumah. Apakah Anda siap bekerja ketika si kecil merengek melihat ibunya? Beberapa freelancer berpengalaman memilih bekerja di coworking space untuk membuat mereka lebih produktif karena suasana yang hampir mirip kantor tetapi lebih fleksibel. Bekerja di coworking space juga membuat Anda tetap bertemu dengan orang lain.

 

Tag:
freelance, tips, jadi, freelancer, cara, mulai, bagaimana, menjadi, enaknya, tidak
  • Share
5 People liked this
LIKE
BOOKMARK