7 Cara Mengelola Karier Anda
Career

7 Cara Mengelola Karier Anda

Ingin mengelola karier Anda agar berjalan lebih baik? Mulailah dengan tujuh cara berikut ini:

1. Menyusun dan komunikasikan tujuan yang jelas.

Kunci untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan adalah mengetahui apa yang Anda inginkan. Anda harus paham apa yang Anda inginkan dan cari tahu apa yang diinginkan mentor Anda. Dengan menetapkan tujuan juga menjadi cara yang bagus untuk mengukur kemajuan dan kinerja Anda.

2. Terbuka terhadap masukan.

Hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah mendengar masukan yang jujur, karena tentu tidak selalu positif. Tapi kemampuan untuk mendengarkan semua masukan dan menyesuaikan dengan baik akan meningkatkan karier Anda. Pastikan Anda selalu terbuka untuk masukan yang positif maupun negatif.

3. Pikirkan tentang prestasi Anda dengan cara yang berbeda.

Cobalah untuk berpikir tentang pekerjaan Anda dalam hal jumlah, contoh, prestasi, dan hasil. Kita semua memiliki tanggung jawab. Tetapi orang-orang yang menonjol akan berbicara tentang tanggung jawab mereka dalam hal jumlah, prestasi, dan hasil, serta mereka juga punya contoh pendukung. Apa saja jumlah, contoh, prestasi, dan hasil yang Anda capai tahun ini?

Artikel terkait:

4. Mengelola hasil pekerjaan Anda

Anda mungkin sedang melakukan sebuah proyek besar dan berhasil mencapai target dalam hal jumlah, contoh, prestasi, serta hasil. Anda paham bahwa proyek Anda ini membawa kontribusi yang sangat besar terhadap keberhasilan perusahaan. Maka Anda perlu menyimpan semua data proyek ini di laptop Anda bahkan di situs penyimpanan online karena ini merupakan bekal yang bisa meningkatkan jenjang karier Anda ke depannya.

5. Up to date.

Ikuti selalu perkembangan tren di website, blog, dan media sosial. Berbagilah artikel yang bermanfaat dan menyuarakan pandangan Anda. Jika Anda melihat konten yang bagus, jangan segan untuk turut memberikan komentar yang cerdas.

6. Tidak segan untuk mengajukan diri.

Saat ada proyek baru dan itu sejalan dengan tujuan Anda, jangan segan untuk mengajukan diri. Biarkan manajer Anda atau tim HR tahu bahwa Anda ingin belajar beberapa sesuatu yang baru dan meningkatkan pengalaman Anda. Jelaskan apa yang bisa Anda tawarkan untuk proyek ini dan sejauh apa Anda bisa terlibat.

7. Luangkan waktu untuk menjalin koneksi dan memperbaharui. 

Tentu saja setiap orang sibuk dengan pekerjaannya. Namun Anda perlu mengambil waktu untuk menjalin koneksi, berbicara dengan teman-teman Anda, atau berhubungan dengan orang baru. Ini akan membuat Anda lebih segar dan menambah pengetahuan Anda.

Selamat mencoba!

 

  • 0
  • Komentar ( 0 )