5 Hal Penting Yang Harus Ditulis Di Surat Resign Anda

1497922222124
  • Share
5 Hal Penting Yang Harus Ditulis Di Surat Resign Anda

Ada masanya seseorang merasa lelah bekerja, kemudian merenung dan mulai mempertimbangkan apakah ia ingin meneruskan pekerjaannya atau resign saja. Jika resign merupakan keputusan final Anda, tentu ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk resign secara baik-baik. Salah satunya adalah membuat surat resign untuk atasan Anda. Kira-kira apa saja hal yang harus dimuat dalam surat tersebut? 

1. Alasan Anda resign. Bos dan Human Resources Department (HRD) perusahaan Anda pasti ingin mengetahui alasan utama Anda mengundurkan diri. Tidak perlu alasan yang detail atau menuliskan perusahaan lain tempat Anda pindah nantinya. Lagipula, Anda bisa saja resign karena alasan keluarga atau alasan kesehatan. Yang terpenting, jaga agar alasan yang ditulis tidak akan berbalik menjadi senjata makan tuan bagi Anda. 

sumber: jawbreaker

2. Ucapan terima kasih. Meskipun Anda mengalami pengalaman buruk di perusahaan tersebut, tetap saja Anda berutang rasa terima kasih karena Anda bisa bekerja di tempat itu. Tak ada salahnya juga menuliskan salah satu (atau dua) pengalaman menyenangkan saat Anda bekerja di perusahaan, misalnya memiliki team work yang hebat atau saat Anda dipromosikan dulu.

sumber: quickmeme

3. Menyelesaikan semua tugas. Dalam surat resign tegaskan pula bahwa Anda akan menyelesaikan semua tugas Anda sebelum mengundurkan diri. Dengan cara ini bos akan memandang Anda sebagai sosok yang bertanggung jawab, dan tidak main ‘kabur’ saja sambil meninggalkan setumpuk pekerjaan. 

4. Menawarkan bantuan transisi. Tunjukkan keinginan Anda resign baik-baik dengan mempermudah proses transisi pekerjaan. Sebagai contoh, Anda bisa menawarkan keinginan untuk melatih anak baru yang akan mengganti posisi Anda. 

sumber: redeeminggod

5. Tanggal resign. Coba cek peraturan perusahaan Anda, apa kurun waktu yang sesuai untuk resign. Apakah one month notice atau two week notice? Jika sudah mengantongi informasi tersebut, tuliskan kembali di dalam surat, seperti, “Saya efektif mengundurkan diri sebulan dari sekarang, yakni tanggal 30 Juni.” Bos Anda akan menghargai informasi tersebut, karena ia dapat mempersiapkan orang lain untuk mengisi kekosongan pekerjaan.

sumber: tumblr

Tag:
resign
  • Share
3 People liked this
LIKE
BOOKMARK