3 Langkah Latihan Vokal Sebelum Wawancara Kerja
Career

3 Langkah Latihan Vokal Sebelum Wawancara Kerja

Dada berdebar kencang, tangan berkeringat, dan kepala pusing adalah gejala yang wajar dialami sebelum wawancara kerja. Perasaan gugup sebelum memasuki ruang wawancara terkadang juga bisa membuat suara Anda ‘menghilang’. Padahal vokal Anda adalah hal yang sangat penting dalam menjalani wawancara, karena Anda bisa berbicara hingga satu jam di saat tersebut. 

Agar suara Anda tetap ‘terdengar’ di saat wawancara kerja, coba lakukan latihan vokal. Bukan hanya membuat suara Anda tetap prima, latihan ini juga bisa melepaskan rasa gugup yang menyerang sebelum wawancara kerja. 

Warm up
Jangan langsung berteriak saat latihan vokal. Sama seperti olahraga, Anda membutuhkan warm up sebelum masuk kepada latihan inti. Berdasarkan saran dari Voice and Swallowing Institute at the New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, Amerika, cara terbaik untuk warm up vokal adalah bersenandung pelan. Pilih nada yang Anda sukai kemudian senandungkan secara pelan-pelan. Senandungkan nada tersebut selama 5 detik kemudian tarik napas dan embuskan, kemudian ulang kembali nada tersebut selama 5 detik, teruskan hingga kira-kira 1-2 menit sampai Anda bisa bersenandung dalam nada tinggi. 

sumber: wikihow

Bersuara keras
Perasaan gugup sebelum wawancara kerja dapat membuat suara Anda terdengar lebih kecil daripada biasanya. Hati-hati, karena pihak HRD sering mengaitkan hal ini dengan kepribadian calon karyawan. Lalu bagaimana cara mengembalikan suara Anda? Ikuti langkah berikut: berdiri tegak, letakkan tangan di perut, tarik napas, dan katakan, “Ha!” dengan keras. Ucapkan pendek-pendek saja namun dengan suara lantang. Ulangi seperti, “ha, ha, ha, ha, ha,” sampai 1-2 menit. 

sumber: pinterest

Tingkatkan fleksibilitas suara
Mirip dengan penyanyi profesional yang melakukan latihan suara sebelum konser, Anda pun perlu melatih suara dengan tingkat fleksibilitas berbeda. Latihan ini berguna di saat Anda mengekspresikan pendapat selama wawancara kerja. Untuk latihan ini pilih lagu dengan nada yang cukup mudah seperti lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung atau Pelangi. Mulai dari nada rendah pada bait pertama, kemudian naikkan satu nada lebih tinggi di bait-bait selanjutnya. 

sumber: tenor

 

  •   0
  •   Komentar ( 0 )