Tips Memilih Eyeliner Yang Bagus Untuk Pemula
01 July 2019
Ini tips memilih eyeliner yang bagus untuk pemula, perhatikan beberapa hal dari tekstur, warna, hingga tools yang dibutuhkan.

Sebagai pemakai setia eyeliner, saya punya beberapa tips untuk memilih jenis eyeliner untuk pemula atau Anda yang belum terbiasa memakai eyeliner

1. Tentukan tampilan akhir yang diinginkan
Ada berbagai gaya yang bisa Anda hasilkan dengan eyeliner yang berbeda-beda, apakah Anda ingin tampilan smokey dengan eyeliner yang ikut berbaur dengan eyeshadow? Untuk ini, Anda bisa menggunakan eyeliner pensil yang kemudian dibaurkan dengan kuas atau cotton bud.

sumber: chikk.net

Namun, bila Anda ingin membentuk garis nyata dengan tepian yang tajam, gunakan eyeliner cair, gel, atau berbentuk spidol yang akan membentuk garis tegas setelah mengering.

sumber: 123RF

2. Cek ujungnya
Baik pensil, spidol, atau cair, ujung eyeliner sangat memngaruhi hasil akhir dan kemudahan Anda memakainya. Cek ketajaman mata pensil/krayon, ukuran (lebar kecil kuasnya), dan keras lembutnya eyeliner saat diaplikasikan berbeda tergantung preferensi setiap orang.

sumber: spider post
​​​​

3. Tentukan warna
Eyeliner tidak harus hitam saja, ada banyak warna lain meskipun mungkin tidak sepopuler hitam. Pilih warna cokelat atau abu-abu bila Anda tidak ingin warna yang terlalu tegas. Selain itu, hijau, ungu, biru, bahkan merah marun juga bisa jadi opsi untuk aksen cantik yang membingkai mata. 

Eyeliner cokelat, natural untuk sehari-hari (sumber: colourpop)

Ada juga eyeliner warna putih atau krem yang biasa digunakan di garis bulu mata bawah.

sumber: stylecraze

4. Tes tingkat ketahanan 
Sebelum membeli, saya sarankan mencoba tester-nya terlebih dulu. Untuk alasan kebersihan, mencoba di punggung tangan saja cukup. Oleskan membentuk garis untuk meliat warna, kepekatan, waktu yang dibutuhkan untuk mengering, dan setelah didiamkan sekita 30-60 detik, coba gosok-gosok dengan ujung jari untuk mengecek tingkat ketahanan eyeliner. Bila saat kering, garis mudah pudar/samar dengan gosokkan, Anda bisa membayangkan tingkat ketahanannya saat dipakai seharian di kelopak mata yang mungkin berkeringat atau berminyak.

Namun, jangan terkecoh janji waterproof/smudge-proof yang tertera di kemasan. Saya si pemilik kulit kombinasi ini saja, menemukan bahwa 80% produk eyeliner waterproof pun masih mungkin luntur, memudar, atau lumer area sekitarnya tergantung kelembapan dan udara sekitar, karena meski tidak berkeringat, kelopak mata Anda masih tetap mengeluarkan minyak/sebum. Jadi saran saya, selalu memilih eyeliner dengan label waterproof untuk memastikan ketahanannya, dan coba sendiri karena kondisi kelopak mata Anda bisa jadi berbeda dengan saya dan orang lain.

sumber:  YouTube

Sedikit bocoran ini urutan jenis eyeliner berdasarkan tingkat ketahanannya (dari yang paling rendah hingga yang umumnya paling tahan lama): eyeliner pensil, eyeliner gel, eyeliner spidol, eyeliner cair.

5. Pakai tools
Beberapa eyeliner seperti yang berbentuk spidol atau cair dalam pot dengan kuas terhubung di tutupnya memang bisa dipakai langsung, tetapi beberapa jenis eyeliner lainnya butuh tambahan tools yang tepat agar hasilnya maksimal.

Rautan: Percaya tidak percaya, ternyata rautan memegang peran penting untuk performa eyeliner pensil Anda. Saya dulu berpikir, mengapa menghabiskan uang untuk membeli rautan khusus kosmetik yang harganya minimal Rp50 ribu bila saya bisa beli saja rautan pensil seharga Rp5 ribu di toko buku. Ternyata ukuran pensil komsetik (lip liner, pensil alis, eyeliner) sedikit berbeda dengan ukuran pensil untuk menulis dan hasilnya malah bisa membuat pensil kosmetik Anda mudah patah. Jadi, meskipun agak mahal, investasikan sebuah rautan khusus kosmetik agar eyeliner pensil Anda lebih awet dan tidak mudah patah.

Benefit Cosmetics All Purpose Sharpener @Sephora - Rp90 ribu


Kuas: beberapa eyeliner gel yang dikemas dalam pot, dijual sepaket dengan kuas. Namun, untuk menciptakan garis tipis dan tegas, biasanya kuas yang diberikan terlalu tebal. Maka Anda perlu membeli kuas yang ujungnya lebih tipis dan runcing untuk menciptakan cat’s eyes.

Sigma Beauty E10 Small Eyeliner Brush @Sephora - Rp227 ribu

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail