Rekomendasi Skincare Untuk Memperkuat Skin Barrier Bermasalah
18 August 2021
Pernah nggak skin barrier Anda rusak dan terkompromikan? Tanda-tandanya ada banyak, kulit yang kering, perih, mengelupas, dan jerawat yang tiba-tiba meradang. Simak rekomendasi produk untuk memperbaikinya!

Pernah nggak skin barrier Anda rusak dan terkompromikan? Tanda-tandanya ada banyak, kulit yang kering, perih, mengelupas, dan jerawat yang tiba-tiba meradang. Nah, ini bisa jadi tanda skin barrier Anda sedang bermasalah. Harus pakai apa nih untuk memperkuat skin barrier? Simak rekomendasinya!

Skin barrier adalah lapisan pelingung terluar kulit yang terbuat dari jaringan sel berupa ceramides, cholesterol, dan lipid. Fungsinya seperti tembok yang membentengi kulit agar kelembapan dan hidrasi tidak menguap keluar dari kulit, begitu juga efek buruk eksternal dari lingkungan tidak ‘menyerang’ dan merusak kulit Anda.

Skin barrier bisa rusak karena berbagai penyebab, misalnya saja perubahan cuaca ekstrem, efek samping penyakit/pengobatan, serta yang paling sering, pemakaian skincare yang mengelupas/mengiritasi berlebihan. Apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan kondisi skin barrier?

1.       Hentikan eksfoliasi

Setop pemakaian produk eksfoliasi yang keras dan mengelupas kulit. Hindari juga gosokan kasar pada kulit, termasuk menggosok wajah dengan kapas bahkan menggunakan sikat saat mencuci muka. Simpan dulu toner, serum, scrub, dan aneka produk eksfoliasi berbahan aktif seperti AHA, BHA, retinol, Vitamin C.

2.       Minimalisir produk

Kembali ke skincare dasar CTMP, minimalisir jumlah produk yang Anda pakai. Cukup pakai pembersih lemut yang nggak bikin kering, toner (tuang ke telapan tangan dan tepuk lembut di wajah), pelembap, dan sunscreen.

3.       Gunakan produk yang lembut, melembapkan, dan menghidrasi

Agar kondisi skin barrier kembali, gunakan produk skincare dengan kandungan ceramide, centella asiatica (cica), dan hyaluronic acid. Ini beberapa rekomendasi produknya:

  • Avoskin Your Skin Bae Ceramide LC S-20 1% + Mugwort + Cica Toner – Rp159.000

Toner ini punya tekstur kental yang nyaman digunakan saat skin barrier Anda bermasalah. Mengandung Panthenol, Ceramide, Mugwort, dan Centella Asiatica yang baik untuk mengembalikan kondisi skin barrier Anda.

  • PureHeals Centella 90 Ampoule – Rp250.000

Kandungan 90% Centella asiatica di ampoule ini memiliki fokus untuk menenangkan dan merawat kulit sensitif, juga mengandung Ceramide yang dapat memperkuat skin barrier supaya lebih sehat.

  • PureHeals Centella 70 Cream – Rp250.000

Bertekstur ringan, krim ini mengandung 70% Centella Asiatica dan Niacinamide, cocok digunakan untuk merestorasi kulit serta meregenerasi kulit untuk lekas pulih.

  • Make Prem UV defense me. Blue sun fluid SPF 50+ PA++++ - Rp390.000

Ringan dan anti iritasi, Sun lotion lembut yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dengan SPF 50+ PA ini berfungsi melembapkan dan mengurangi garis halus dengan efek menenangkan di kulit.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail