Pemilik Rambut Panjang, Ini Penyebab Aneh-Tapi-Nyata Rambut Bisa Menipis
25 March 2020
Jika selama ini Anda berpikir penyebab rambut menipis adalah karena faktor usia, gen, atau salah pakai sampo, ternyata bukan itu saja yang bisa menjadi biang keladinya.

Jika selama ini Anda berpikir penyebab rambut menipis adalah karena faktor usia, gen, atau salah pakai sampo, ternyata bukan itu saja yang bisa menjadi biang keladinya. Penyebab lain yang aneh-tapi-nyata adalah karena tali tas yang Anda gunakan setiap hari. Lho, apa hubungannya?

Oke, jadi penjelasannya seperti ini. Menurut dokter kulit bersertifikat, Tsippora Shainhouse, MD, kerusakan rambut karena tali tas sebenarnya cukup umum terjadi karena tali yang tebal dapat menjebak rambut, menariknya sehingga rambut menjadi rontok, dan pada akhirnya menyebabkan rambut menipis.

Rambut panjang lebih sering terjebak di bawah tali ketika Anda menyampirkan tas ke bahu. Rambut yang terjebak ini bisa menjadi rontok atau patah di tengah. Untuk rambut kering dan yang sering diwarnai mungkin lebih rentan terhadap kerusakan ini. Jika ini sering terjadi, folikel rambut dapat meradang dan terluka, yang dapat menyebabkan rambut menipis secara permanen atau bahkan meninggalkan area tebal pada kulit kepala,” jelas Dr. Tsippora.

Kondisi Ini juga dikenal sebagai traction alopecia, yang juga bisa terjadi ketika rambut sering tercabut saat Anda mengenakan ekstensi tebal atau menguncir rambut dengan ketat.

Flora Fuentes, seorang pemilik studio rambut rontok dan restorasi, mengaku sering mendapatkan klien yang mengalami penipisan rambut akibat dari tali tasnya. "Banyak klien memberi tahu kami bahwa satu sisi rambut mereka terlihat lebih penuh daripada yang lain. Biasanya sisi rambut yang menipis karena membawa tas di bagian bahu tersebut,” ujarnya.

Dr. Tsippora juga menambahkan, tas dengan tali rantai atau yang berasal dari logam bisa lebih berbahaya karena rambut panjang cenderung kusut di perangkat keras. Jadi, trik sederhana untuk untuk menghindarinya adalah jangan lupa memindahkan rambut sebelum memakai tas atau pertimbangkan untuk menguncir rambut tidak terlalu kencang agar rambut tidak terjebak.

Lalu, jangan lupa berikan perlindungan ekstra pada rambut dengan penggunaan leave-in kondisioner setelah habis keramas dan masker rambut seminggu sekali, agar rambut panjang Anda lebih kuat.

Cover: Daily Mail

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail