Pakai Produk Skin Care Tertentu Terus-Menerus Bikin Kulit Kebal?
29 March 2017
Meski sudah cocok dengan produk skin care tertentu, sebaiknya sesekali ganti ...

Meski sudah cocok dengan produk skin care tertentu, sebaiknya sesekali ganti atau selang-seling dengan merek atau produk lain. Sebab, jika pakai produk yang sama terus-terusan, efektivitas produk perawatan kulit akan hilang karena kulit lama-lama kebal terhadap kandungan dalam produk tersebut.

Benarkah demikian?

Ternyata, itu pendapat yang salah. “Kecuali jika Anda menggunakan produk perawatan kulit resep dari dokter, kulit tak akan kebal terhadap produk perawatan kulit meski digunakan dalam jangka panjang,” ujar dermatolog dan cosmetic surgeon Dr. Suneel Chilukuri pada Women’s Health.

Namun, meski sudah cocok dan kulit Anda (tampak) baik-baik saja, bukan berarti rutinitas perawatan kulit Anda bisa persis sama dengan lima tahun lalu. Sebab menurut dokter kulit Dr. Sejal Shah, kebutuhan kulit akan selalu berbeda. Misalnya, jika beberapa tahun lalu Anda belum menunjukkan tanda-tanda penuaan, saat ini bisa saja garis-garis halus mulai timbul di sekitar mata. Masalah kulit berbeda, tentu produknya juga harus berbeda.

Penting diingat juga, kata Dr. Shah, terlalu sering gonta-ganti produk, apalagi yang tidak cocok atau terlalu keras, juga bisa punya efek tidak baik. Paparan terlalu sering terhadap produk yang salah ini lama-lama bisa membuat kulit jadi bermasalah, seperti iritasi, kering, atau berjerawat.

Intinya, jika Anda sudah punya daftar skin care yang cocok di kulit, tak masalah jika Anda pakai itu terus-menerus. Tapi ingat bahwa mungkin Anda harus menambahkan (atau mengurangi) produk lain untuk mengatasi masalah kulit yang berbeda.

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail