Menghilangkan Mata Panda: 11 Cara Buat Kulit Tampak Awet Muda
28 May 2021
Coba lakukan 11 cara ini untuk menghilangkan mata panda dengan cepat dan buat wajah tampak lebih awet muda.

Apa itu mata panda? Mata panda adalah kantung atau lingkar hitam yang terbentuk di area bawah mata. Tahukah Anda bagaimana mata panda terbentuk? Pada dasarnya, lingkaran hitam yang timbul di bawah mata ini disebabkan oleh hiperpigmentasi akibat penyempitan pembuluh darah. Meskipun tak membahayakan, mata panda juga kerap dianggap mengganggu penampilan dan membuat Anda terlihat lebih lelah dan juga dapat memicu kulit yang kendur pada area bawah mata, sehingga timbul keriput dan garis-garis halus. 

Mata panda dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya yaitu kelelahan. Tapi, tahukah Anda bahwa, pola hidup yang kurang sehat dan banyak alasan lainnya bisa menjadi penyebab di balik munculnya mata panda? Womantalk akan jelaskan lebih!

1. Kurang tidur: Tidur melewati waktu tidur biasanya dapat menyebabkan kulit Anda terlihat kusam dan pucat, menyebabkan jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah mata Anda menjadi lebih menonjol. Akibatnya? Tampilan mata panda!. 

2. Warna kulit yang lebih gelap: Karena produksi melanin yang lebih tinggi pada orang dengan warna kulit lebih gelap, mereka mungkin juga lebih terpengaruh oleh lingkaran hitam pada bawah mata.

3. Penuaan pada kulit: Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan jaringan lemak dan kulit di sekitar mata kita menjadi lebih tipis, menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata karena pembuluh darah hitam di bawah kulit kita menjadi lebih terlihat.

4. Keturunan: Tahukah Anda bahwa keturunan bisa menjadi salah satu alasan di balik munculnya mata panda? Jika anggota keluarga Anda memiliki lingkaran mata hitam, kemungkinan besar Anda juga memilikinya!

Nah, sekarang, pertanyaan utama yang banyak ditanyakan adalah bisakah mata panda hilang dengan sendirinya? Tentu saja bisa, tapi tidak semudah itu. Harus diatasi dengan beberapa cara yang konsisten dan rutin dilakukan dalam jangka panjang. Jangan khawatir, Womantalk punya jawabannya untuk Anda. Berikut ini 11 cara menghilangkan mata panda dengan cepat dan mudah agar wajah awet muda:

1. Mencukupi waktu tidur

Menjadi salah satu penyebab paling umum munculnya kantung dan lingkar hitam pada mata, kurang tidur dapat mengakibatkan penumpukan cairan di area bawah mata sehingga wajah terlihat lelah. Mencukupi waktu tidur, setidaknya 7 hingga 9 jam setiap malam, dipercaya ampuh untuk memperbaiki sel-sel kulit, termasuk pada area bawah mata, sehingga wajah tampak lebih segar dan awet muda.

2.  Minum air putih yang cukup 

Kurangnya asupan cairan dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi, sehingga wajah tampak lesu dan mata panda semakin terlihat jelas. Oleh karena itu, Anda harus mencukupi cairan dalam tubuh dengan rutin minum air putih. Ya, setidaknya minum air mineral 8 gelas sehari.

3. Rutin pakai krim mata 

Rutin mengoleskan krim mata juga menjadi salah satu cara jitu untuk mengatasi mata panda. Ya, krim yang mengandung vitamin E atau bahan aktif natural dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Pastikan pemakaian rutin dan konsisten agar bermanfaat untuk menyamarkan kantung mata yang hitam. Berikut ini beberapa rekomendasi eye cream yang bisa mengurangi efek mata panda:

• SK-II R.N.A Power Eye Cream Radical New Age
Harga: Rp1.630.000 (15 gram)

SK-II R.N.A Power Eye Cream Radical New Age adalah krim mata rekomendasi Womantalk yang dapat membantu membuat mata tampak lebih segar dan wajah yang lebih cerah demi tampilan yang awet muda. Dengan tekstur yang lembut, krim mata yang satu ini diformulasikan dengan SK-II RNArchitect Complex mengandung konsentrat PITERA™ dengan ekstrak kedelai dan ragi yang dihidrolisis untuk membantu membuat kulit terasa kencang dan halus, terutama di area mata. SK-II R.N.A Power Eye Cream Radical New Age juga dikemas dengan kandungan yang dapat mengondisikan kulit secara alami, memiliki tekstur yang mudah diserap untuk melembapkan dan menambah kekenyalan kulit, dan mengurangi garis-garis halus pada kulit wajah. Pakai secara rutin setiap malam dan seiring waktu, siap-siap menyapa mata yang tampak lebih muda dan cerah!

SK-II R.N.A Power Eye Cream Radical New Age
SK-II R.N.A Power Eye Cream Radical New Age. (Sumber: dok. SK-II)

Peter Thomas Roth Potent-C Power Eye Cream
Harga: Rp1.005.000 (15 ml)

Peter Thomas Roth Potent-C Power Eye Cream memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menyamarkan lingkar mata yang hitam dan meredakan kantung mata. Produk ini juga dilengkapi dengan THD Ascorbate, formula ultra-stable dari vitamin C yang 50 kali lebih berkhasiat ketimbang vitamin C tradisional biasa pada umumnya.

Peter Thomas Roth Potent-C Power Eye Cream
Peter Thomas Roth Potent-C Power Eye Cream. (Sumber: Peterthomasroth)

 Chanel LE LIFT Crème Yeux
Harga: Rp1.750.000 (15ml)

Eye cream keluaran Chanel ini dapat meningkatkan kelembapan kulit area sekitar mata. Chanel LE LIFT Crème Yeux dilengkapi dengan ekstrak alfalfa yang dapat memperbaiki sel kulit yang rusak penyebab mata panda.

Chanel LE LIFT Creme Yeux
Chanel LE LIFT Crème Yeux. (Sumber: Chanel)

4. Mengonsumsi buah dan sayur

Rutin mengonsumsi buah dan sayur juga menjadi cara alami untuk mencegah dan menghilangkan kantung mata. Peterseli menjadi salah satu sayuran yang bagus untuk mengatasi mata panda. Peterseli dapat membantu proses pencernaan ginjal dalam mengeluarkan cairan yang berlebihan dalam tubuh. Selain menjadi salah satu cara mengurangi kantung mata yang hitam, peterseli juga mampu membuat kulit wajah jadi lebih segar dan sehat. Sementara, untuk buah, Anda bisa mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, seperti semangka, jeruk, dan strawberry, yang juga berkhasiat untuk membuat kulit wajah glowing dan awet muda.

5. Pakai skincare yang sesuai

Kulit kusam dapat memperburuk tampilan mata panda. Maka dari itu, demi hasil yang optimal dalam menghilangkan mata panda, penting bagi Anda untuk rutin mengaplikasikan skincare yang tepat agar kulit wajah tetap terhidrasi, sehat, kencang, dan cerah. Kalau Anda masih belum menemukan skincare yang tepat, berikut ini beberapa rekomendasi skincare pilihan Womantalk!

SK-II PITERA™ Essence
Harga: Rp1.020.000 (75 ml), Rp2.200.000 (160 ml), dan Rp2.820.000 (230 ml)

SK-II PITERA™ Essence menjadi produk pilihan Womantalk untuk menjaga kelembapan kulit, memberikan nutrisi lebih, dan banyak keuntungan lainnya. PITERA™ Essence ini adalah salah satu produk yang memang bekerja untuk memperbaiki tekstur kulit, mengurangi tampak pori-pori dan yang paling penting, ampuh membuat kulit wajah tampak lebih cerah! Mengandung 90% PITERA™, sebuah bio-ingredient natural yang diambil dari strain ragi pilihan yang kaya vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik lainnya yang penting untuk mengondisikan kulit secara alami. Cara pakainya pun cukup mudah. Anda cukup menuangkannya sekitar dua atau tiga tetes ke telapak tangan, katupkan dan oleskan rata pada kedua telapak tangan, kemudian langsung tepuk-tepuk dan tekan secara lembut pada wajah dan leher sampai essence terserap oleh kulit.

SK-II PITERA™ Essence
SK-II PITERA™ Essence. (Sumber: dok. SK-II)

Lancome Clarifique Dual Essence
Harga: Rp1.600.000 (150 ml) dan Rp2.250.000 (250 ml)

Lancome Clarifique Dual Essence memiliki kandungan mutiara vegetal dari yang melalui proses ekstrasi dengan teknik cryo-preserved untuk mempertahankan aktivitas enzim. Kandungan dan proses tersebut dipercaya dapat menstimulasi proses enzimatik dalam fungsi biologis pada kulit, termasuk hidrasi dan regenerasi. Tak heran jika produk ini dapat mencerahkan dan melembapkan kulit, sehingga wajah tampak awet muda.

Lancome Clarifique Dual Essence
Lancome Clarifique Dual Essence. (Sumber: Pinterest)

Cle De Peau Beaute Essential Refining Essence
Harga: Rp1.300.000 (250 ml)

Memiliki tekstur lembut, produk keluaran Cle De Peau Beaute ini mampu mengecilkan pori-pori kulit penyebab wajah kusam. Dengan Iluminatin Complex EX, Cle De Peau Beaute Essential Refining Essence ini dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak agar wajah tetap terlihat awet muda. 

Cle De Peau Beaute Essential Refining Essence
Cle De Peau Beaute Essential Refining Essence. (Sumber: Cledepeau)

6. Tinggikan kepala saat tidur

Posisi tidur juga dapat memengaruhi penyebab mata panda. Tidur menggunakan beberapa bantal yang disusun ke atas agar posisi kepala lebih tinggi juga dipercaya mampu mencegah cairan berkumpul di bawah mata, yang jadi pemicu munculnya kantung mata.

7. Kompres mata menggunakan bahan alami

Ada berbagai cara menghilangkan mata panda secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Beberapa bahan alami yang bisa Anda coba antara lain adalah mentimun, kantung teh, kentang, dan tomat.

8. Kurangi konsumsi kafein

Terlalu sering mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, juga menjadi salah satu penyebab mata panda. Pasalnya, kafein dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang dapat memicu timbulnya kantung mata dan lingkaran mata yang hitam.

9. Kurangi konsumsi garam

Selain kafein, penting bagi Anda untuk mengurangi konsumsi garam sehari-hari. Lewat proses osmosis, air dalam tubuh kita terakumulasi pada area dengan konsentrasi garam yang tinggi. Hal ini dapat memicu munculnya kantung mata.

10. Rajin membersihkan makeup mata

Biasakan untuk selalu membersihkan makeup mata setiap selesai beraktivitas. Kotoran, debu, polusi, dan minyak yang ditemui saat aktivitas seharian dapat menempel tak hanya pada kulit, tetapi juga riasan mata Anda. Hal itu dapat menyebabkan iritasi pada mata yang memicu mata berair, sembap pada mata, hingga kantung mata. Maka dari itu, usahakan untuk selalu membersihkan makeup mata sebelum mencuci wajah pada malam hari menggunakan kapas dan makeup remover, berbahan dasar air atau minyak, sesuaikan dengan jenis kulit Anda.

11. Lindungi kulit wajah dengan sunscreen

Paparan sinar matahari langsung juga dapat menyebabkan lingkaran pada area mata jadi lebih gelap. Demi mengoptimalkan cara menghilangkan mata panda, penting juga bagi Anda untuk melindungi kulit wajah dari sinar UVA dan UVB menggunakan sunscreen (tabir surya). Berikut ini beberapa rekomendasi sunscreen yang bagus untuk melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari:

Shiseido Expert Sun Aging Protection Lotion SPF 30
Harga: Rp545.000 (100 ml)

Tak hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Shiseido Expert Sun Aging Protection Lotion SPF 30 juga dilengkapi dengan kandungan perawatan wajah, untuk mencegah kekeringan dan kerusakan kulit.

Shiseido Expert Sun Aging Protection Lotion SPF 30
Shiseido Expert Sun Aging Protection Lotion SPF 30. (Sumber: Shiseido-europe)

Chanel UV Essentiel Multi-Protection Daily Care SPF 50/PA+++
Harga: Rp1.050.000 (30 ml)

Dengan formula ringan dan bertekstur serupa susu, Chanel UV Essentiel Multi-Protection Daily Care SPF 50/PA+++ juga cocok dipakai sebagai base alias dasar makeup. Dilengkapi dengan vitamin E, sunscreen yang satu ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar dan polusi.

Chanel UV Essentiel Multi-Protection Daily Care SPF 50
Chanel UV Essentiel Multi-Protection Daily Care SPF 50/PA+++. (Sumber: Chanel)

Mengatasi kantung mata dan lingkar mata yang hitam adalah proses jangka panjang yang harus dilakukan dengan rutin dan konsisten. Maka dari itu, untuk mencegah dan menghilangkan mata panda, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjalankan pola hidup sehat. Tunggu apa lagi! Yuk mulai sekarang.

*Artikel ini merupakan kerja sama dengan SK-II. Review dan opini adalah milik pribadi.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail