Kenapa Anda Wajib Pakai Skincare Setiap Hari? Ini Alasan dan Manfaatnya!
22 July 2021
Kenapa sih harus pakai skincare setiap hari? Memangnya apa efeknya kalau nggak pakai skincare? Lalu, apa pula manfaat rajin pakai skincare? Nah, mari kita bahas satu persatu ya!

Kenapa sih harus pakai skincare setiap hari? Memangnya apa efeknya kalau nggak pakai skincare? Lalu, apa pula manfaat rajin pakai skincare? Ini pertanyaan yang umum ditanyakan para pemula di dunia skincare. Maka, mari kita bahas satu persatu ya!

1. Menutrisi kulit

Kondisi kulitmu selalu berubah, tergantung banyak faktor seperti hormon, cuaca, dan asupan makanan. Kulit perlu dirawat dari dua arah, dari dalam berupa nutrisi/asupan gizi seimbang juga diberikan nutrisi dari luar dengan cara memakai skincare sesuai jenis dan kebutuhan kulit Anda.

2. Melindungi kulit

Faktor eksternal seperti polusi, udara, sinar matahari, ikut memengaruhi kondisi kulit seseorang. Berada di ruangan ber-AC dingin dalam waktu lama, terpapar debu, sinar matahari, dan polusi ikut memberikan efek buruk pada kulit. Rajin memakai pelembap dan sunscreen membantu melindungi kulit dari efek buruk lingkungan setiap hari. Jadi pakai skincare jangan hanya di wajah ya, di tubuh juga karena kulit tubuh adalah organ terbesar di tubuh.

3. Mengangkat sel kulit mati

Kulit kita beregenerasi secara alami, setiap 28 hari. Namun, seiring bertambahnya usia, proses ini melambat dan sel-sel kulit mati menumpuk dan menyumbat pori-pori. Sel kulit mati yang menumpuk dan kotoran yang menyumbat pori-pori bisa bikin kulit tampak kusam, timbul flek hitam, dan warna kulit tidak merata.

Lakukan double cleansing setiap hari untuk membersihkan makeup dan kotoran, juga rutin eksfoliasi 1-2x setiap minggunya membantu bersihkan sel kulit mati, sisa sebum, dan kotoran yang menumpuk di pori-pori Anda.

4. Menjaga keseimbangan kadar minyak dan air

Idealnya, kulit sehat dan kenyal punya kadar air dan minyak yang seimbang, apa pun jenis kulitnya. Berbagai faktor eketernal dan internal bisa bikin kadar keduanya tidak seimbang dan menyebabkan masalah kulit. Pakai skincare sesuai jenis kulit bisa bantu jaga keseimbangan kadar minyak dan air di kulit.

5. Mempercepat penyembuhan kondisi kulit

Berbagai pemicu bisa bikin kondisi kulit berubah, apakah itu menjadi super kering dan dehidrasi sampai mengelupas dan kasar, atau jadi berminyak dan timbul banyak jerawat. Memakai skincare sesuai jenis dan kondisi/kebutuhan kulit mempercepat penyembuhan  kondisi kulit, misalnya mengatasi jerawat yang meradang, mengembalikan kelembapan kondisi kulit, atau menghilangkan bekas jerawat.

6. Memperlambat dan mengurangi efek penuaan

Tidak pakai skincare di usia muda mungkin efeknya tidak terlalu terlihat dan kulit baik-baik saja. Namun, malas pakai skincare efek jangka panjangnya akan terlihat di masa depan. Seiring pertamabahan usia, kondisi kulit tidak seprima waktu masih muda. Regenerasi kulit, kadar air dan minyak berkurang, produksi kolagen yang juga berkurang bikin kondisi kulit menurun.

Kulit kendur, kering, tidak lagi elastis/kenyal, timbul flek hitam, kusam, warna tidak merata, dan kerut serta keriput akan semakin nyata. Ini memang wajar, tetapi memakai skincare sejak muda, pembersih, toner, serum, pelembap, dan sunscreen akan terlihat hasilnya saat menua nanti. Bukan berarti Anda tidak menua dan tidak bermasalah, tetapi efek buruk penuaan bisa berkurang.

7. Cara Self-Love

Memakai skincare merupakan cara Anda menunjukkan self-love. Rutinitas ini dilakukan untuk Anda sendiri dan bukan orang lain, maka bisa dimasukkan ke dalam cara menunjukkan rasa cinta terhadap diri sendiri.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail