Kebiasaan Yang Bisa Bikin Awet Muda Meski Sudah Usia 30-an
14 July 2021
Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa bikin awet muda meski usia terus bertambah dan memasuki usia 30-an.

Ketika memasuki usia 30-an, pasti kita semua memiliki keinginan untuk tetap terlihat awet muda.  Selain rutin memakai skincare, ada kebiasaan sederhana yang ternyata bisa membuat kita terlihat lebih muda, meski sudah berusia 30-an. Melansir dari beberapa sumber, berikut ini 8 kebiasaan yang harus Anda lakukan bila ingin awet muda.

1.Olahraga teratur

Rutin olahraga sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit kita. Sebuah studi yang dilakukan McMaster University menemukan orang yang rutin berolahraga, ketika memasuki usia 40 tahun, memiliki kulit yang mirip dengan orang berusia 20 tahun. Jadi, jangan malas untuk olahraga, ya! Cukup luangkan waktu 150 menit setiap minggu atau 30 menit setiap 5 kali dalam seminggu.

2. Murah senyum

Salah satu cara untuk membuat kita lebih awet muda adalah dengan senyum lebar. Senyum bisa membantu meningkatkan mood, mengurangi rasa sakit, dan memberikan efek menenangkan. Soalnya, ketika senyum, tubuh akan meresponya dengan mengeluarkan endorfin atau yang dikenal dengan hormon bahagia. Selain itu, senyum juga bisa melatih otot wajah sehingga wajah kita akan lebih kencang dan kenyal, lho.

3. Konsumsi nutrisi yang seimbang

Pola hidup sehat tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kecantikan. Berbagai studi menemukan kalau rutin mengonsumsi buah dan sayur bisa membuat kulit lebih halus. Apalagi, buah dan sayur kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, paling banyak diperoleh dari buah dan sayuran. Jadi, jangan skip makan buah dan sayur setiap hari, ya!

4. Punya waktu tidur berkualitas

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jam setiap harinya. Kekurangan tidur bisa mempercepat penuaan karena saat kita tidur, tubuh meregenerasi sel dengan sel-sel baru. Jadi, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, ya.

5. Rutin minum air putih

Ini cara paling murah dan sederhana yang perlu kita lakukan setiap hari, yaitu minum air putih. Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk minum 2 liter air putih setiap harinya. Selain itu, hindari terlalu banyak minum dengan kandungan gula dan soda karena justru bisa mempercepat penuaan.

6. Mengonsumsi makanan fermentasi

Makanan fermentasi, seperti kimchi, asinan kubis, tempe, dan makanan kaya probiotik lainnya, tidak hanya baik untuk usus, tetapi juga bisa mengurangi risiko penuaan dini.  Menurut Craig Kraffert, MD, seorang dokter kulit bersertifikat mengatakan, “Makanan fermentasi memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat baik.”

7.Pakai riasan minimalis

Seiring bertambahnya usia, riasan wajah memang perlu diperhatikan. Apalagi, kulit wajah kita mulai tidak elastis dibandingkan waktu usia muda. Nah, supaya kulit wajah tetap sehat dan segar, lebih baik gunakan riasan wajah minimalis.

8. Kurangi garam

Melansir dari Health, makanan tinggi sodium bisa membuat tubuh jadi menahan air, merasa berat dan kembung. Tidak heran bila makanan super asin dapat memicu respon serupa pada wajah. Untuk mengurangi risiko tersebut, lebih baik masak makanan dengan bumbu bebas garam, seperti cabai, jus lemon, dan rempah.

sumber image: soompi.com

 
Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail