Ini Alasan Sunscreen Anda Tak Efektif
01 July 2017
Sudah memakai sunscreen berkadar SPF 50 ...

Sudah memakai sunscreen berkadar SPF 50 di seluruh tubuh dengan saksama di pagi hari dan dioleskan ulang setiap 2 jam sekali, kok, kulit masih perih dan terbakar juga? Pasti sunscreen-nya jelek.

Eits, belum tentu.

Jika sunscreen yang biasa Anda pakai terasa tak lagi efektif, yang salah bukan produknya, tapi tanggalnya. Ya, sunscreen rupanya juga punya masa kedaluwarsa. Tanggal kedaluwarsa atau expiry date pada sebagian besar produk sunscreen biasanya tertera pada botol, namun aturan umumnya, rata-rata sunscreen masih aman digunakan hingga 3 tahun dari tanggal pembuatan.


Perhatikan tanggalnya. (Sumber: lipshipsandfashiontips)
Menurut Dr. Michele Farber, dokter kulit dari Schweiger Dermatology Group, selain melihat tanggal kedaluwarsa yang ada, cara lain untuk mengetahui kelayakan sunscreen. Caranya, lihat tekstur, warna, dan aromanya. Jika tekstur sudah lebih cair ketimbang pertama dibeli atau konsistensinya terpisah-pisah, serta warna dan aromanya berubah, sebaiknya buang saja sunscreen Anda.

Memakai sunscreen yang sudah kedaluwarsa membuat daya perlindungan terhadap matahari melemah bahkan tak ada sama sekali, sehingga membuat kulit Anda tetap terpapar buruknya sinar matahari. 

Pada orang dengan kulit sensitif, sunscreen yang sudah expired juga bisa menimbulkan kemerahan dan gatal-gatal. Gejala iritasi ini akan cepat hilang kalau sunscreen dihapus atau dibilas.


Kalau ini, sih, bukan karena kedaluwarsa, memang salah pakai. (Sumber: nbc)
 Untuk selanjutnya, saat akan beli sunscreen, cek dulu expiry date atau tanggal produksinya, ya.
 
Cover: instructables
 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail