Hormon dan Menopause, Dua Sebab Alami Kerontokan Rambut

1531522821710
  • share line
  • share bbm
Hormon dan Menopause, Dua Sebab Alami Kerontokan Rambut

Penyebab rambut rontok ada banyak, bisa karena terlalu sering di­tata dengan berbagai bahan kimia, salah pakai sampo, atau bahkan terlalu sering dikuncir. Namun, ada dua penyebab alami yang membuat rambut rontok, yang terjadi bukan karena kesalahan Anda sendiri.

Baca juga: 

Ternyata Diet Bisa Memengaruhi Siklus Menopause Perempuan

Pertama adalah hormon. Androgenic alopecia adalah kondisi rambut rontok yang terjadi karena masalah hormonal. Meskipun alopecia jenis ini tidak disebabkan oleh kecemasan, tapi mengurangi stres diketahui dapat membantu memperlambat kerontokan rambut.

Stres bisa membuat rambut menjadi lebih rontok (The Indian Express)

Selain itu, kerontokan juga bisa disebabkan karena menopause. Jika androgenic alopecia bisa terjadi pada wanita semua usia, maka kerontokan karena menopause hanya akan dirasakan oleh mereka yang sudah tidak mendapatkan menstruasi karena masa reproduksi telah berakhir.

Saat menopause terjadi, tingkat progesteron dan estrogen mulai menurun. Padahal kedua hormon tersebut mendorong pertumbuhan rambut, sehingga tanpa adanya progesteron dan estrogen maka folikel rambut mengecil yang akhirnya menyebabkan rambut rontok dan sulit tumbuh.

Baca juga: 

Manfaat Naik Turun Tangga Untuk Wanita Jelang Menopause

Untuk melawan kerontokan rambut akibat menopause, wanita bisa melakukan hormone replacement therapy (HRT) atau terapi penggantian hormon. HRT dilakukan dengan cara melibatkan hormon estrogen atau progesteron atau kombinasi keduanya, sehingga dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormonal dan memperpanjang fase pertumbuhan rambut.

Memasuki menopause, rambut bisa jadi lebih rontok (Daily Express)

Melakukan perawatan rambut memang wajib, tapi jika sudah dirawat tapi rambut tetap rontok maka mungkin hormon Anda biang keladinya. Jangan panik karena sebenarnya rambut rontok merupakan proses pertambahan usia dan banyak wanita yang sudah mengalaminya meski masih berusia muda.

Cover: elconsonto.com

Tag:
rambut, rontok, sebab alami, hormon, menopause
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK