Hati-Hati, Mengikat Rambut Terlalu Kencang Bisa Sebabkan Kebotakan!
07 February 2018
Saat udara panas atau sedang berolahraga, pemilik rambut panjang m ...

Saat udara panas atau sedang berolahraga, pemilik rambut panjang memilih untuk mengikat rambutnya menjadi kuncir ekor kuda. Tapi, hati-hati karena ternyata jika terlalu kencang, hal ini bisa menyebabkan kebotakan.

Anabel Kingsley, putri dari ahli rambut Philip Kingsley, mengatakan bahwa dengan mengikat rambut gaya kuncir ekor kuda atau mengepangnya secara kencang, bisa memberi terlalu banyak tarikan pada rambut.

Baca juga: 

Gara-gara Rambut, Emily Ratajkowski Dicaci Warganet

Akar rambut yang tertarik kencang bisa menyebabkan kebotakan (newbeauty.com)

Jika dilakukan terus-menerus, apalagi setelah rambut diikat Anda melakukan aktivitas yang membuat kulit kepala berkeringat, maka kemungkinan bisa menimbulkan traction alopecia. Kondisi tersebut disebabkan karena akar rambut ditarik secara konsisten, sehingga dapat mencegah rambut tumbuh kembali dan memicu kerusakan permanen pada folikel rambut.

“Mengikat rambut terlalu ketat memberi terlalu banyak daya tarik pada rambut dan folikel rambut. Awalnya, hanya terjadi kerontokan satu atau dua helai, tapi jika dilakukan berulang kali dalam jangka waktu yang lama, rontok permanen hingga kebotakan bisa terjadi,” jelas Anabel.

Lalu, apakah jalan keluarnya harus menghindari untuk menguncir rambut dan membiarkannya selalu tergerai? Well, tidak seperti itu juga. Menurut Anabel, untuk mencegah terjadinya traction alopecia, maka sebaiknya longgarkan ikatan rambut Anda.

Sebaiknya jangan terlalu kencang saat mengikat rambut (shopnz.biz)

Sebagai patokan untuk mengetahui apakah ikatan rambut Anda menyakiti folikel rambut atau tidak, ahli trichologi ini mengatakan jika Anda merasa kulit kepala sakit, maka itu tanda Anda telah merusak rambut.

 

Cover: Hair Style Hub

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail