Bukan Hanya untuk Kesehatan, Ini 8 Manfaat Madu untuk Kecantikan dan Perawatan Tubuh
24 June 2019
Madu bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan karena ternyata juga bisa digunakan untuk kecantikan dan oerawatan tubuh.

Madu murni atau beberapa jenis madu tertentu disebut sangat baik untuk kesehatan. Minum madu setiap hari katanya dapat membantu jaga kondisi tubuh. Padahal, madu juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Apa saja itu?

1. Masker Wajah. “Dengan efek pelembap dan menenangkannya, madu murni dapat melembapkan kulit, sehingga menjadikannya lembut dan bercahaya. Gula dalam madu bertindak sebagai pelembap alami dan emolien yang meningkatkan kadar air dan mengurangi kekeringan pada kulit,” jelas kata Ildi Pekar, facialist langganan selebriti Hollywood.

2. Eksfoliasi. Madu yang didiamkan akan menghasilkan butiran-butiran kecil yang bisa menjadi exfoliant lembut. Caranya dengan menggosok madu di tangan, lalu oleskan langsung pada kulit dengan gerakan memutar, diamkan selama beberapa menit sebelum memijatnya dengan handuk basah.

3. Samarkan bekas luka. Menurut Carly Stein, pendiri Beekeeper's NaturalsSifat, antioksidan dalam madu dapat memelihara kulit yang rusak, membantu proses penyembuhan bekas luka, bahkan madu yang mengandung propolis dapat membantu mengurangi tampilan stretch mark dan perubahan warna kulit.

4. Penyembuh luka. Ini pengalaman pribadi saya. Diberitahu oleh Dr. Gentur Sudjatmiko, SpBP, dokter bedah plastik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, madu bisa digunakan untuk menyembuhkan luka terbuka karena sifat antiseptiknya yang membantu mencegah infeksi dan melindungi luka.

5. Obati jerawat. Manfaat madu untuk wajah bisa membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat karena memiliki sifat anti-inflamasi, sementara sifat antibakterinya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

6. Sebagai kondisioner. "Madu adalah kondisioner sempurna karena dapat mempertahankan serta menarik kelembapan, yang menjaga rambut terasa halus dan lebih sehat," kata Felix Fischer, penata rambut selebriti. Caranya, campurkan seperempat cangkir madu alami dengan cukup air untuk mengencerkannya, lalu usapkan ke rambut yang basah setelah keramas, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

7. Melembapkan bibir. Bisa sebagai pelembap kulit, madu juga bagus untuk bibir yang pecah-pecah. Oleskan madu langsung ke bibir, diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin agar bibir lebih lembap. Manfaat madu lainnya adalah mampu untuk menyembuhkan luka pada bibir.

8. Untuk air berendam. Kekuatan hidrasi madu akan membuat kulit halus seperti sutra. Jadi, cobalah berendam dengan air hangat yang sudah ditambahkan dengan larutan dua sendok besar madu alami dan satu cangkir air panas.

Cover: chatelaine.com

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail