Asal Dilakukan Rutin, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Muka Awet Muda Sampai Tua Nanti!
14 July 2021
Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam agar wajah segar selalu. Mulai kebiasaan ini dari sekarang supaya tampak cantik dan awet muda sampai tua nanti!

Apapun tona warna dan jenis kulit kita, memiliki wajah yang awet muda adalah idaman setiap orang. Nah, sama halnya dengan investasi dalam hal keuangan, untuk mewujudkan keinginan agar kulit muka tampak awet muda juga perlu dibiasakan sejak muda. Caranya adalah dengan membiasakan diri melakukan beberapa hal ini dari sekarang. Yuk, mulai!

1. Lindungi dengan sunscreen
Pakar kecantikan sekaligus CEO Ella Skincare, dr. Elia Gunawan, mengatakan bahwa emua kegiatan yang bersifat panas, seperti memasak, menyetrika, mejemur baju di luar itu mempunyai efek seperti terpapar sinar matahari. Karena itu kita tetap perlu memakai sunscreen meski berkegiatan di rumah, dan mengulangi pemakaiannya tiap tiga jam sekali.

2. Pakai pelembap
Menurut Dermatolog dan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Kardiana Purnama Dewi Sp.KK, jika kulit terhidrasi dengan baik, elastisitas kulit akan tetap terjaga dan lebih kenyal dibanding yang tidak diberi perawatan. Di usia 30-an pemilik kulit kering sebaiknya melakukan perawatan seperti mempertahankan tingkat kelembapan dengan meningkatkan skin barrier.

3. Tidur dengan badan dan muka yang bersih
Kebiasaan tidur dengan wajah yang belum dibersihkan bisa menyebabkan jerawat. Selain lebih nyaman, tidur dengan badan dan muka yang bersih juga bikin kita bangun dengan lebih fresh keesokan paginya. Jangan lupa pakai serum dan krim malam anti aging, atau sleeping mask yang sesuai jenis kulit agar wajah tampak glowing ya!

4. Lakukan double cleansing, terutama jika Anda memakai makeup
Setelah beraktivitas, angkat makeup yang masih menempel di wajah dengan cleansing oil atau cleansing balm. Tekstur minyak akan mengangkat tuntas makeup sehingga nggak menyumbat pori-pori dan bikin kusam kulit gelap kita. Baurkan secara merata pada area kulit yang ber-makeup, lalu bilas dengan air. Tuntaskan dengan pencuci muka setelahnya.

5. Tidur cukup
Usahakan untuk punya kebiasaan tidur teratur setiap malam. Ini membantu menjaga kesegaran kulit kita, dan mengelola stres agar tidak menumpuk dan bikin pusing. Kalau sudah stres, bukan cuma pikiran yang kusam, muka pun jadi cepat tua meski masih muda!

6. Penuhi asupan gizi seimbang
Menjaga kecantikan tak cukup hanya dari luar saja, tetapi juga dari dalam. Caranya dengan makan makanan bergizi yang baik dan hindari diet tidak seimbang, misalnya tanpa karbohidrat, lemak dan protein. Menurutnya, ketiga zat itu penting dalam mempertahankan kecantikan kulit selama dikonsumsi dari sumber yang baik, misalnya avokad dan dan olive oil, dan gandum utuh.

7. Olahraga rutin
Badan yang aktif digerakan dan dilatih secara rutin akan lebih bugar dan tidak tampak loyo. Ini berpengaruh juga ke kulit muka kita yang lebih segar dan merona alami meski tanpa makeup. Yuk, mulai biasakan olahraga 30 menit sehari atau 150 menit dalam seminggu!

Investasi kecantikan tidak selalu membuat kita merogoh kocek dalam-dalam karena beli skincare anti aging. Dengan rutin melakukan kebiasaan-kebiasaan yang merupakan perwujudan self-love ini, kita pun seperti 'menabung' agar diri kita tetap cantik alami di usia tua nanti!

Cover: Pinterest

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail