8 Manfaat Masker Alami Madu Untuk Kulit Wajah, Termasuk Bikin Awet Muda
27 February 2021
Berikut ini deretan manfaat masker alami dari madu untuk wajah terlihat lebih cerah dan bikin awet muda.

Selain skincare, masker alami jadi andalan wanita di berbagai usia untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang dan glowing. Selain masker kopi, masker madu juga jadi favorit sebagai masker alami untuk kecantikan wajah. Manfaat masker madu untuk wajah ternyata cukup banyak karena madu memiliki kandungan antioksidan, antimikroba, dan antifungal. Selain itu, madu juga bisa membantu melawan radikal bebas. Nah, berikut ini deretan manfaat masker madu untuk kecantikan yang bisa Anda peroleh.

1. Membantu mengatasi jerawat

Berdasarkan hasil riset yang dimuat dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, madu memilih enzim yang membentuk hidrogen peroksida, yaitu sebagai salah satu zat antimikroba. Nah, inilah yang membuat madu bisa mampu meredakan peradangan, pembengkakan jerawat, serta menghilangkan jerawat.

2. Melembapkan kulit wajah

Madu juga bisa membantu melembapkan kulit wajah dan mencegah kulit kering dan kusam. Namun, pastikan Anda memilih madu asli, yang tidak memiliki campuran bahan kimia. Caranya pun sangat mudah. Anda perlu membersihkan wajah dengan air hangat, oleskan madu asli ke wajah, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas lagi dengan air hangat dan basuh dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali tertutup seperti semula.

3. Mengangkat sel kulit mati

Madu juga mengandung sejumlah enzim yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati penyebab pori-pori wajah jadi tersumbat. Inilah yang dapat membuat wajah terliha tlebih cerah. Anda bisa mendapatkan manfaat masker madu ini dengan mencampurkan madu dan gula pasir, teh hijau, serta air lemon. Pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai campuran masker madu ini pada wajah.

4. Menyembuhkan penyakit kulit

Madu juga bisa mempercepat proses penyakit kulit, serta mengurangi peradangan yang terjadi. Namun, Anda perlu memakainya secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Biasanya, madu dimanfaatkan untuk pada area kulit yang mengalami gejala eksim atau psoriasis.

5. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Untuk membuat wajah terlihat lebih muda dari usia sebenarnya, Anda bisa memanfaatkan masker madu. Kandungan antioksidan dalam madu dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan lingkungan, serta dapat memperlambat penuaan, seperti garis-garis halus, keriput, dan kerutan. 

6. Mencerahkan kulit wajah

Madu juga bisa membantu mengatasi bintik-bintik gelap di wajah dan membuat kulit jadi lebih cerah. Soalnya, madu memiliki sifat mengelupas, yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, penyebab kulit kusam.

7. Memudarkan bekas luka

Madu juga dapat membantu proses penyembuhan luka dan menghilangkan bekas jerawat. Soalnya, madu memiliki sifat antiseptik, antibakteri dan anti inflamasi yang alami.

8. Mengatasi bibir kering

Nah, bila Anda sering mengalami bibir kering, Anda bisa memanfaatkan madu untuk melembapkan area bibir. Kandungan antimikroba dalam madu dapat membuat bibir halus dan kenyal. Caranya, oleskan sedikit madu di bibir sebelum tidur dan biarkan semalaman.

 
Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail